PENGARUH POLA ASUH, PERHATIAN, DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG

SEKAR AYUNI, 126201201011 (2024) PENGARUH POLA ASUH, PERHATIAN, DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Sekar Ayuni. 2024. Pengaruh Pola Asuh, Perhatian, dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTsN 7 Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peneliti berangkat dari pengamatan observasi di lapangan bahwa waktu yang di habiskan siswa di sekolah hanya sekitar kurang lebih 7 jam dan selebihnya siswa lebih banyak di rumah. Berdasarkan observasi tersebut, pola asuh yang diterapkan orang tua ketika dirumah, perhatian dari lingkungan keluarga khususnya orang tua serta support belajar orang tua dari rumah sangatlah dibutuhkan bagi anak. Apalagi di era sekarang reealitanya anak sudah dikenalkan dan memiliki handphone masing-masing, sehingga ketika orang tua tidak memperhatikan jam penggunaan handphone tersebut maka anak akan terlena dirumah hanya bermain gadget tersebut dan terlupa dengan belajarnya. Begitu pun sama halnya dengan orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya pasti akan bingung dengan perhatian belajar anaknya dirumah, apalagi tidak ada penunjang proses belajar dengan les ataupun bimbingan belajar tambahan. Akhirnya banyak siswa ketika disekolahpun sulit untuk fokus terhadap pembelajaran dan sering meninggalkan tugas yang diberikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fiqih Di MTsN 7 Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fiqih Di MTsN 7 Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fiqih Di MTsN 7 Tulungagung ? (4) Adakah pengaruh secara simultan antara pola asuh, perhatian dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 7 Tulungagung ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung yang berjumlah 300 siswa, sampling yang digunakan yaitu simple Random Sampling (sampel acak) sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 113 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoloniaritas, uji heterokedastisitas, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih kelas VII dengan bilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,605 > ttabel 1,6589. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih kelas VII dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,053 > ttabel 1,6589. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih kelas VII dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,048 > ttabel 1,6589. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara pola asuh, perhatian dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih kelas VII dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 12,161 > Ftabel 2,69. Kata Kunci: Pola asuh, perhatian, latar belakang pendidikan orang tua dan prestasi belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201011 SEKAR AYUNI
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:54
Last Modified: 09 Jul 2024 08:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47930

Actions (login required)

View Item View Item