STRATEGI BRAND IMAGE KEPALA MADRASAH/SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PELANGGAN PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus MAN 1 Trenggalek dan SMAN 1 Karangan-Trenggalek)

AZIZ PRASETYA, 1880501220009 (2024) STRATEGI BRAND IMAGE KEPALA MADRASAH/SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PELANGGAN PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus MAN 1 Trenggalek dan SMAN 1 Karangan-Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam dunia pendidikan membangun kepercayaan kepada pelanggan pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting, apalagi ketika melihat fenomena perkembangan di era industri 5.0. ini. Progress tersebut menuntut kepada para pelaku pemegang kebijakan lembaga pendidikan, khususnya kepala madrasah MAN 1 Trenggalek dan juga sekolah SMAN 1 Karangan-Trenggalek untuk mampu menciptakan strategi manajemen yang mampu meyakinkan pelanggan pendidikan dalam mempersiapkan kebutuhan pendidikan di era industrialisasi 5.0 ini. Karena bagaimanapun kedua lembaga ini mempunyai karakter dunia pendidikan yang berbeda, yang satu berkarakter pendidikan islami dan yang satu berkarakter pendidikan umum. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana desain (formulasi) Strategi Brand image Kepala Madrasah/ Sekolah Dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan Pendidikan di MAN 1 Trenggalek dan SMAN 1 Karangan-Trenggalek, (2) bagaimana pelaksanaan (implementasi) Strategi Brand image Kepala Madrasah/ Sekolah Dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan Pendidikan di MAN 1 Trenggalek dan SMAN 1 Karangan-Trenggalek. (3) bagaimana hasil pelaksanaan (evaluasi) Strategi Brand image Kepala Madrasah/ Sekolah Dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan Pendidikan di MAN 1 Trenggalek dan SMAN 1 Karangan-Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan strategi jenis penelitian field research atau turun langsung kelapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, sedangkan teknik untuk menganalisis data menggunakan analisis Miles-Huberman atau analisis data situs tunggal (kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan) dan analisis data lintas situs. Hasil penelitian di lembaga MAN 1 Trenggalek menunjukkan bahwa : (1) Desain strategi yang dibuat kepala madrasah harus berkarakter pada bentuk nilai-nilai pendidikan Islam, sehingga pelanggan lebih mudah mengenal lembaga ini dengan cepat, khususnya pelanggan yang fanatik dengan pendidikan Islam. (2) Kepala madrasah lebih mudah dalam menentukan sasaran, indikator brand diharapkan, target program apa yang diinginkan oleh pelanggannya. (3) Menjadi sebuah penilaian yang terencana dari kepala madrasah untuk melihat program yang sudah berjalan atau belum dilakukan. Sedangkan penelitian di lembaga SMAN 1 Karangan-Trenggalek menunjukkan bahwa : (1) Mendesain sekolah dengan brand menjunjung nilai-nilai seni budaya tari Trenggalek, serta perolehan prestasi akademik dan non akademik. (2) Kepala sekolah dengan mudah menyiapkan sasaran, target, dan indikator yang dibutuhkan pelanggan baik dalam akademis atau non akademis. (3) Kepala sekolah mampu menampilkan hasil penilaian dari prestasi yang didapat kepada pelanggan pendidikan dengan kebutuhan era industrialisasi digital.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Layanan Publik
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220009 AZIZ PRASETYA
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:23
Last Modified: 06 Aug 2024 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47956

Actions (login required)

View Item View Item