ANNISA SETIYAWATI, 126204203150 (2024) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR METAFORIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir metaforis dapat memudahkan siswa untuk memahami dan menyelesaikan masalah matematika dengan cara menghubungkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman sehari-hari. Kemampuan berpikir metaforis memungkinkan siswa untuk mengatasi tantangan matematis yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Dalam memecahkan soal SPLDV yang menuntut pemahaman matematika dalam konteks nyata, setiap siswa memiliki perbedaan karakteristik yang dipengaruhi oleh gaya belajar diantaranya visual, auditorial dan kinestetik. Dimana dengan memahami gaya belajar setiap siswa diharapkan bisa meningkatkan kemampuan berpikir metaforis. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir metaforis siswa bergaya belajar visual dalam memecahkan masalah SPLDV kelas VIII SMPN 1 Ngunut, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir metaforis siswa bergaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah SPLDV kelas VIII SMPN 1 Ngunut, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir metaforis siswa bergaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah SPLDV kelas VIII SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 1 Ngunut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, tes, dan wawancara. Angket yang diberikan yaitu angket gaya belajar untuk mengetahui jenis gaya belajar masing-masing siswa. Tes yang diberikan yaitu tes kemampuan berpikir metaforis materi SPLDV yang terdiri dari 2 soal. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai kemampuan berpikir metaforis dari 6 subjek yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan dilakukan dilakukan melalui triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir metaforis yakni connect, relate, explore, analyze, transform, dan experience, (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi 5 indikator kemampuan berpikir metaforis yakni relate, explore, analyze, transform, experience, belum mampu memenuhi indikator connect (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir metaforis yakni relate, analyze, transform, experience, belum mampu memenuhi indikator connect dan explore.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203150 ANNISA SETIYAWATI |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:45 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47988 |
Actions (login required)
View Item |