PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR

ASKA LU'LU'I DININA, 126201203348 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Motivasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar” yang ditulis oleh Aska Lu’lu’I Dinina (126201203348) . Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan Progaram Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), , Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah yang dibimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Team Game Tournament (TGT), Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar pada siswa dan kurangnya metode yang digunakan dalam penyampaian materi. Dimana motivasi dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk menghindari kejenuhan pada peserta didik. Berbagai macam hal yang dapat dilakukan guru untuk dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik. Salah satunya ialah dengan Game. Dimana Game kemungkinan besar dapat menjadi minat siswa pada umumnya. Maka, Game dapat membawa suasan belajar yang lebih aktif dan menyenangkan. Seperti yang diketahui peneliti, terdapat pengaruh TGT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1)Bagaimana Pengaruh Metode Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Motivasi Belajar Intrinsik Siswa Pada Pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? 2.) Bagaimana Pengaruh Metode Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Motivasi Belajar Ekstrinsik Siswa Pada Pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? 3.) Bagaimana Pengaruh Metode Team Game Tournament Bisa Efektif Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah Kuantitatif. Penelitian ini digunakan untuk melihat Pengaruh metode pembelajaran team game tournament terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Jenis penelitiannya adalah penelitian Eksperimen. Variablenya adalah Team Game tournament (TGT) (X) dan variable terikatnya adalah motivasi (Y). pengambilan sample menggunakan Purposive Sampling. Yang digunakan ialah angket Motivasi dengan Aspek Intrinsik dan Ekstrinsik. Pengolahan data menggunakan SPSS 21.0 for windows dengan Uji Validitas, Uji Reabilitas, dan Uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh dan perbedaan pada penggunaan TGT dalam meningkatkan Motivasi Intrinsik siswa dalam pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Signifikansi pada tabel Sig. (2-tailed) adalah 0,00 Terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi Intrinsik siswa kelas kontrol (M=53, SD=4,6) dengan siswa kelas Eksperimen (M=59, SD=3,7), t(54)=5,2, p=0,000. Yang menunjukkan bahwa pengaruhnya ialah 5,2% (2) Ada pengaruh dan perbedaan pada penggunaan TGT dalam meningkatkan Motivasi Ekstrinsik siswa dalam pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Signifikansi pada tabel Sig. (2-tailed) adalah 0,00. Terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi Intrinsik siswa kelas kontrol (M=55, SD=43,9) dengan siswa kelas Eksperimen (M=62, SD=3,5), t(54)=7,8, p=0,000. Yang menunjukkan bahwa pengaruhnya ialah 7,8%. (3) Adanya efek TGT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Statistic pada Mean menunjukkan 0,55/55%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203348 ASKA LU'LU'I DININA
Date Deposited: 28 Jul 2024 12:00
Last Modified: 28 Jul 2024 12:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48005

Actions (login required)

View Item View Item