ASKA LU'LU'I DININA, 126201203348 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (369kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Motivasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar” yang ditulis oleh Aska Lu’lu’I Dinina (126201203348) . Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan Progaram Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), , Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah yang dibimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Team Game Tournament (TGT), Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar pada siswa dan kurangnya metode yang digunakan dalam penyampaian materi. Dimana motivasi dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk menghindari kejenuhan pada peserta didik. Berbagai macam hal yang dapat dilakukan guru untuk dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik. Salah satunya ialah dengan Game. Dimana Game kemungkinan besar dapat menjadi minat siswa pada umumnya. Maka, Game dapat membawa suasan belajar yang lebih aktif dan menyenangkan. Seperti yang diketahui peneliti, terdapat pengaruh TGT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1)Bagaimana Pengaruh Metode Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Motivasi Belajar Intrinsik Siswa Pada Pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? 2.) Bagaimana Pengaruh Metode Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Motivasi Belajar Ekstrinsik Siswa Pada Pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? 3.) Bagaimana Pengaruh Metode Team Game Tournament Bisa Efektif Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah Kuantitatif. Penelitian ini digunakan untuk melihat Pengaruh metode pembelajaran team game tournament terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Jenis penelitiannya adalah penelitian Eksperimen. Variablenya adalah Team Game tournament (TGT) (X) dan variable terikatnya adalah motivasi (Y). pengambilan sample menggunakan Purposive Sampling. Yang digunakan ialah angket Motivasi dengan Aspek Intrinsik dan Ekstrinsik. Pengolahan data menggunakan SPSS 21.0 for windows dengan Uji Validitas, Uji Reabilitas, dan Uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh dan perbedaan pada penggunaan TGT dalam meningkatkan Motivasi Intrinsik siswa dalam pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Signifikansi pada tabel Sig. (2-tailed) adalah 0,00 Terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi Intrinsik siswa kelas kontrol (M=53, SD=4,6) dengan siswa kelas Eksperimen (M=59, SD=3,7), t(54)=5,2, p=0,000. Yang menunjukkan bahwa pengaruhnya ialah 5,2% (2) Ada pengaruh dan perbedaan pada penggunaan TGT dalam meningkatkan Motivasi Ekstrinsik siswa dalam pembelajaran Fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Signifikansi pada tabel Sig. (2-tailed) adalah 0,00. Terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi Intrinsik siswa kelas kontrol (M=55, SD=43,9) dengan siswa kelas Eksperimen (M=62, SD=3,5), t(54)=7,8, p=0,000. Yang menunjukkan bahwa pengaruhnya ialah 7,8%. (3) Adanya efek TGT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Statistic pada Mean menunjukkan 0,55/55%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203348 ASKA LU'LU'I DININA |
Date Deposited: | 28 Jul 2024 12:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2024 12:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48005 |
Actions (login required)
View Item |