PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SALAT ZUHUR BERJAMA’AH PADA PESERTA DIDIK SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK

ULVI AWALU PANGESTUTI, 126201202116 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SALAT ZUHUR BERJAMA’AH PADA PESERTA DIDIK SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Menanamkan Kedisiplinan Salat Zuhur Berjama’ah pada Peserta didik SMAN 1 Karangan Trenggalek” ditulis oleh Ulvi Awalu Pangestuti, NIM. 126201202116, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN SATU Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M. Fil. I. Kata kunci: Peran Guru, Kedisiplinan, Salat Zuhur. Salat Fardhu merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat Islam di mana saja, tak terkecuali peserta didik di sekolah. Dalam hal ini, Guru PAI memiliki peran yang begitu penting dalam mendisiplinkan peserta didik agar mengikuti Salat Zuhur berjama’ah di sekolah. Guru PAI tidak hanya berperan sebagai pengajar yang menjalankan perannya untuk sekedar transfer of knowledge, tetapi juga transfer of value dengan menanamkan karakter yang terpuji, seperti disiplin dalam beribadah Salat, khususnya Salat Zuhur berjama’ah. SMAN 1 Karangan Trenggalek dipilih sebagai lokasi penelitian dengan pertimbangan bahwa sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan pembiasaan Salat Zuhur berjama’ah. Kedisiplinan peserta didik dalam Salat Zuhur berjama’ah dikontrol melalui presensi Salat Zuhur berjama’ah. Tujuan utamanya adalah melatih kedisiplinan peserta didik dalam beribadah Salat. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik, motivator dan evaluator dalam menanamkan kedisiplinan Salat Zuhur berjama’ah pada peserta didik SMAN 1 Karangan Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran guru PAI sebagai pendidik, motivator dan evaluator dalam menanamkan kedisiplinan Salat Zuhur berjama’ah pada peserta didik SMAN 1 Karangan Trenggalek.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, teori, dan ketekunan pengamatan.Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: (1) Peran guru PAI sebagai pendidik memberikan pemahaman pentingnya salat termasuk salat berjama’ah saat pembelajaran PAI, membimbing peserta didik yang belum memiliki pemahaman tentang salat, memberikan pengarahan kepada peserta didik, memberikan teladan yang baik, membina karakter disiplin, berkomunikasi dengan guru lain untuk mengingatkan peserta didik, melakukan pendampingan dan pengawasan. (2) Peran guru PAI sebagai motivator membangun pendekatan kepada peserta didik, mengingatkan peserta didik dengan contoh-contoh yang real saat pembelajaran, memotivasi dan menasehati peserta didik dengan penuh kesabaran dan ketelatenan, memberikan reward dan hukuman. (3) Peran guru PAI sebagai evaluator memantau Salat Zuhur berjama’ah peserta didik melalui buku presensi, merekap dan mengevaluasi hasil presensi Salat Zuhur berjama’ah yang dimasukkan dirapor sebagai nilai spiritual peserta didik, membantu peserta didik untuk memecahkan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202116 ULVI AWALU PANGESTUTI
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:05
Last Modified: 08 Jul 2024 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48021

Actions (login required)

View Item View Item