PENGARUH POLA ASUH OTORITER TERHADAP KARAKTER DISIPLIN DAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR

AFIFA SEKAR SAFA’AH, 126209203110 (2024) PENGARUH POLA ASUH OTORITER TERHADAP KARAKTER DISIPLIN DAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengarauh Pola Asuh Otoriter Terhadap Karakter Disiplin Dan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Sutojayan, Blitar” ini ditulis oleh Afifa Sekar Safa’ah, NIM 126209203110, pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata kunci : pola asuh otoriter, karakter disiplin, interaksi sosial. Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan di SMAN 1 Sutojayan yang ditemukan pada waktu observasi. Belum optimalnya karakter disiplin dan interaksi sosial peserta didik yang dapat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua peserta didik di rumah salah satunya jenis pola asuh otoriter. Banyaknya orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dengan tidak memperhatikan kondisi anak, memuntut anak untuk mematuhi aturan namun membatasi ruang lingkup sosial anak dan selalu ikut campur pada urusan pribadi anak di dalam sekolah. Rumusan masalah yang didapat oleh penulis adalah Bagaimana pengaruh pola asuh otoriter terhadap pembentukan karakter disiplin Kelas XI IPS SMAN 1 Sutojayan, Blitar. Bagaimana pengaruh pola asuh otoriter terhadap interaksi sosial peserta didik sehingga kurang memiliki kemandirian dalam menyelesaikan permasalahan pada Kelas XI IPS SMAN 1 Sutojayan, Blitar. Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan ialah untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap pembentukan karakter disiplin peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap interaksi sosial peserta didik sehingga kurang memiliki kemandirian dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif, jenis penelitian kuantitatif yang dipakai ialah asosiatif. Objek penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Sutojayan tahun ajaran 2023/2024 dengan populasi berjumlah 148 peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Tehnik analisis data melalui uji instrument data, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan secara pasial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh otoriter terhadap karakter disiplin dan interksi sosial peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data uji T dari masing masing variabel pada variabel X terhadap Y1 menghasilkan nilai thitung sebesar 3,421 dan ttabel sebesar 2,045 yang berarti thitung > ttabel (3,421>2,045) dengan signifikasi 0,002 > 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan pada uji T variabel X terhadap Y2 diperoleh nilai thitung sebesar 3,547 dan ttabel sebesar 2,045 yang berarti thitung > ttabel (3,547>2,045) dengan signifikasi 0,001 > 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209203110 AFIFA SEKAR SAFA'AH
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:45
Last Modified: 16 Jul 2024 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48145

Actions (login required)

View Item View Item