FRISKANIA SINTYA, 126207201019 (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMPN 4 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (575kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMPN 4 Kota Kediri” ini ditulis oleh Friskania Sintya, NIM 126207201019, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag., NIP 196207081998031001. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kinerja Guru. Strategi kepala sekolah penting bagi lembaga pendidikan karena rencana yang dibuat dan diputuskan oleh kepala sekolah berpengaruh terhadap keberhasilan dalam mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu terciptanya proses pembelajaran yang baik. Strategi yang tepat dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi guru dan proses pembelajaran yang baik dapat dicapai apabila guru kompeten dan berkualitas. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 4 Kota Kediri? 2) Bagaimana implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 4 Kota Kediri? 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 4 Kota Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan interaktif Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan strategi dilaksanakan secara rutin setiap awal tahun ajaran melalui rapat perencanaan dengan memperhatikan perubahan serta perkembangan kurikulum. 2) Implementasi strategi berupa pelaksanaan program peningkatan kinerja yang sebelumnya telah direncanakan. Meskipun dalam pengimplementasian strategi terkadang masih terdapat kendala, namun program yang direncanakan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru. 3) Evaluasi strategi dilakukan secara langsung oleh kepala sekolah agar ketika ditemukan kendala dapat langsung ditindaklanjuti dan dijadikan acuan perencanaan strategi berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah menggunakan jenis strategi integrasi, karena strategi yang dibuat dapat mengontrol permasalahan internal, eksternal, serta mengikuti perkembangan dan perubahan kurikulum.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kepala Sekolah Kinerja Pegawai Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207201019 FRISKANIA SINTYA |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:36 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48148 |
Actions (login required)
View Item |