PENGARUH TEKNIK PROBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG

MUHAMAD REVA PUTRA TRISNA, 126211201008 (2024) PENGARUH TEKNIK PROBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Probing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sumber Energi Kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Reva Putra Trisna, NIM. 126211201008, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Teknik Probing, Motivasi belajar, Hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan sebagai sarana untuk menyiapkan sumber daya manusia generasi masa kini dan sekaligus masa depan, belajar menjadi penting karena kita bisa mengetahui serta membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Pada saat ini teknik pembelajaran yang sering digunakan oleh pengajar terutama pada tempat penelitian kali ini adalah menggunakan teknik ceramah. Hal ini dapat menyebabkan motivasi dan hasil belajar menurun. Dengan pemilihan teknik pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat digunakan agar mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar adalah melalui teknik probing. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui ada pengaruh teknik probing terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi sumber energi kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung, 2) Mengetahui ada pengaruh teknik probing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sumber energi kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung, 3) Mengetahui ada pengaruh teknik probing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi sumber energi kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung sebanyak 320 peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X-A1 sebagai kelas eksperimen (menggunakan teknik probing) dan kelas X-A7 sebagai kelas kontrol (menggunakan teknik ceramah). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah : 1) angket, 2) tes, 3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga uji yaitu: 1) uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) uji prasyarat (uji normalitas dan homogentitas), 3) uji hipotesis (Uji T dan uji MANOVA). Hasil penelitian ini adalah : 1) Ada pengaruh teknik probing terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi sumber energi kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yang menandakan Ha diterima, 2) Ada pengaruh teknik probing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sumber energi kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yang menandakan Ha diterima, 3) Ada pengaruh teknik probing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi sumber energi kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed)< 0,05 yang menandakan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201008 MUHAMAD REVA PUTRA TRISNA
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:32
Last Modified: 08 Jul 2024 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48163

Actions (login required)

View Item View Item