YULIA NINGSIH, 126201203263 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (572kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Yulia Ningsih NIM. 126201203263. Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Motivasi, Hasil Belajar Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang monoton yaitu model pembelajaran konvensional sehingga membuat siswa jenuh karena hanya terbiasa mendengarkan, mencatat dan menghafalkan tanpa ada motivasi untuk memahaminya. Hal ini yang menyebabkan siswa kurang maksimal dalam memahami materi pelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak bisa dicapai dengan maksimal. Perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Dengan menggunakan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. 2) untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. 3) untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan design the one group posttest-only. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. 2) terdapat pengaruh antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05. 3) terdapat pengaruh antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203263 YULIA NINGSIH |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 08:41 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48174 |
Actions (login required)
View Item |