PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI MA'DINUL 'ULUM CAMPURDARAT

PUTRI NURLIANA, 126205202141 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI MA'DINUL 'ULUM CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Nurliana, Putri. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Ma’dinul ‘ulum Campurdarat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Adi Wijayanto, S.Or.,S.Kom.,M.Pd.,AIFO. Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, Flipbook Penelitan ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan peserta didik dalam memahami materi keberagaman budaya Indonesia karena kurangnya sumber belajar dan media pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran flipbook berbasis mind mapping, sebuah media digital yang dikemas secara menarik dengan perpaduan warna, gambar, dan vidio. Media yang dipadukan dengan Teknik mind mapping akan membantu peserta didik mudah dalam mengingat berbagai materi pembelajaran karena dalam konsep mind mapping ini materinya dikemas lebih singkat dan jelas hanya di ambil poin-poin pentingnya. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui analisis kebutuhan dan desain media pembelajaran flipbook berbasis mind mapping pada mata pelajaran IPS materi keberagaman budaya Indonesia kelas IV MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat, (2) untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis mind mapping pada mata pelajaran IPS materi keberagaman budaya Indonesia kelas IV MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat, (3) untuk mengetahui implementasi dan efektivitas media pembelajaran flipbook berbasis mind mapping pada mata pelajaran IPS materi keberagaman budaya Indonesia kelas IV MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (Analysis), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Data diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuisioner, dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik yaitu berupa media pembelajaran flipbook berbasis mind mapping yang di desain berdasarkan rancangan storyboard. Proses pengembangan produk menggunakan bantuan aplikasi heyzine flipbook. Produk yang dikembangkan ini mendapat hasil validasi dari validator ahli media yaitu 89, 6%, validator ahli materi 85%, validator ahli soal 89,5% yang artinya produk masuk kriteri valid dan layak digunakan. Implementasi produk ke peserta didik mendapat respon yang baik, berdasarkan hasil kuisioner mendapat rata-rata presentase 91% artinya produk layak digunakan. Selain itu, peneliti memperoleh hasil media pembelajaran terbukti efektif digunakan dalam pemebelajaran. dibuktikan dengan hasil uji T-test (Independent sample T-test) dengan sig (2-tailed) 0,000, sig < 0,05 artinya terdapat perbedaan antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran dan yang tidak menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202141 PUTRI NURLIANA
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:14
Last Modified: 08 Jul 2024 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48187

Actions (login required)

View Item View Item