PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK MIN 7 TULUNGAGAGUNG

VIKY FAHMA FAZA, 126205202140 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK MIN 7 TULUNGAGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Viky Fahma Faza, NIM. 126205202140, pembimbing Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Inquiry, Motivasi, Hasil Belajar Pendidik perlu memperhatikan hal-hal yang memengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah tingkat motivasi belajar siswa yang rendah karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensioal. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti beranggapan bahwa menggunakan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Fikih. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi belajar Fikih peserta didik MIN 7 Tulungagung (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar Fikih peserta didik MIN 7 Tulungagung (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar Fikih peserta didik MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 7 Tulungagung yang berjumlah 79 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas IV-A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test, uji Paired Sample t-Tes, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi belajar Fikih peserta didik MIN 7 Tulungagung dengan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji Independent Sample t-Test kurang dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05 (2) Ada pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar Fikih peserta didik MIN 7 Tulungagung dengan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji Paired Sample t-Test kurang dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar Fikih peserta didik MIN 7 Tulungagung dengan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji MANOVA kurang dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar Fikih peserta didik MIN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202140 VIKY FAHMA FAZA
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:10
Last Modified: 08 Jul 2024 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48188

Actions (login required)

View Item View Item