MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROMOSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMKN 1 BOYOLANGU

VIANI RIZKI AMALIA, 126207201025 (2024) MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROMOSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMKN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas manajemen humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di SMKN 1 Boyolangu. Penelitian ini penting dilakukan karena keberhasilan pendidikan sangat tergantung pada hubungan antara sekolah dan masyarakat, di mana kerja sama antara keduanya memiliki dampak signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan kemajuan pendidikan secara keseluruhan. Manajemen humas berperan sebagai mediator antara sekolah dengan publiknya, bertugas membangun citra positif sekolah, mengkomunikasikan program-program unggulan, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Dalam konteks persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin kompetitif, promosi pendidikan menjadi strategi penting untuk menarik minat peserta didik dan membangun hubungan yang harmonis antara sekolah dan masyarakat. Penelitian ini mencoba merinci strategi-strategi promosi pendidikan yang digunakan oleh SMKN 1 Boyolangu, salah satu sekolah kejuruan di Kabupaten Tulungagung dengan akreditasi “A”. Melalui program-program unggulan dan kerja sama dengan berbagai pihak, humas sekolah berhasil membangun citra positif yang membuatnya diminati oleh masyarakat sebagai lembaga pendidikan pilihan. Peneliti tertarik untuk menjelajahi bagaimana manajemen humas dapat ditingkatkan untuk memperkuat promosi pendidikan, termasuk penggunaan media digital yang semakin berkembang. Melalui upaya promosi yang efektif, diharapkan SMKN 1 Boyolangu dapat terus menjadi pilihan utama masyarakat dalam mendidik anak-anak mereka. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana program-program humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di SMKN 1 Boyolangu ? (2) Bagaimana media-media yang digunakan humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di SMKN 1 Boyolangu ? (3) Bagaimana strategi humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di SMKN 1 Boyolangu ? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi waka humas, staf pokja humas, staf publikasi (tim media sosial), dan siswa SMKN 1 Boyolangu. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian ini meliputi : (1) program-program humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru meliputi a) publikasi visi, misi, dan tujuan sekolah, publikasi profil jurusan, program unggulan, kegiatan menarik, serta prestasi siswa, b) menjalin hubungan kerjasama dengan stakeholder, c) workshop kehumasan, d) promosi melalui event sekolah yang melibatkan pihak eksternal. (2) media-media yang digunakan humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru meliputi media sosial yang meliputi instagram, facebook, whatsapp, website, dan youtube, media cetak berupa brosur, banner, baliho, dan surat undangan, media pers yang bekerja sama dengan Radar Tulungagung, dan media digital berupa company profile dan softwere editing. (3) strategi humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru melalui langkah-langkah berikut : a) promosi online menggunakan sosial media, b) peningkatan hubungan kerja sama, c) branding keunggulan sekolah, d) diversifikasi konten promosi. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa manajemen humas di SMKN 1 Boyolangu sudah berjalan cukup baik, terlihat pada keberhasilan program-program yang dijalankan, memiliki mitra kerja sama yang berjumlah banyak, aktivitas yang didukung dengan kemajuan teknologi, serta memiliki strategi yang kompetitif sehingga dapat meningkatkan kualitas promosi dan menarik minat peserta didik sebanyak-banyaknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207201025 VIANI RIZKI AMALIA
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:07
Last Modified: 11 Jul 2024 08:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48191

Actions (login required)

View Item View Item