VIANI RIZKI AMALIA, 126207201025 (2024) MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROMOSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMKN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (114kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas manajemen humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di SMKN 1 Boyolangu. Penelitian ini penting dilakukan karena keberhasilan pendidikan sangat tergantung pada hubungan antara sekolah dan masyarakat, di mana kerja sama antara keduanya memiliki dampak signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan kemajuan pendidikan secara keseluruhan. Manajemen humas berperan sebagai mediator antara sekolah dengan publiknya, bertugas membangun citra positif sekolah, mengkomunikasikan program-program unggulan, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Dalam konteks persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin kompetitif, promosi pendidikan menjadi strategi penting untuk menarik minat peserta didik dan membangun hubungan yang harmonis antara sekolah dan masyarakat. Penelitian ini mencoba merinci strategi-strategi promosi pendidikan yang digunakan oleh SMKN 1 Boyolangu, salah satu sekolah kejuruan di Kabupaten Tulungagung dengan akreditasi “A”. Melalui program-program unggulan dan kerja sama dengan berbagai pihak, humas sekolah berhasil membangun citra positif yang membuatnya diminati oleh masyarakat sebagai lembaga pendidikan pilihan. Peneliti tertarik untuk menjelajahi bagaimana manajemen humas dapat ditingkatkan untuk memperkuat promosi pendidikan, termasuk penggunaan media digital yang semakin berkembang. Melalui upaya promosi yang efektif, diharapkan SMKN 1 Boyolangu dapat terus menjadi pilihan utama masyarakat dalam mendidik anak-anak mereka. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana program-program humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di SMKN 1 Boyolangu ? (2) Bagaimana media-media yang digunakan humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di SMKN 1 Boyolangu ? (3) Bagaimana strategi humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di SMKN 1 Boyolangu ? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi waka humas, staf pokja humas, staf publikasi (tim media sosial), dan siswa SMKN 1 Boyolangu. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian ini meliputi : (1) program-program humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru meliputi a) publikasi visi, misi, dan tujuan sekolah, publikasi profil jurusan, program unggulan, kegiatan menarik, serta prestasi siswa, b) menjalin hubungan kerjasama dengan stakeholder, c) workshop kehumasan, d) promosi melalui event sekolah yang melibatkan pihak eksternal. (2) media-media yang digunakan humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru meliputi media sosial yang meliputi instagram, facebook, whatsapp, website, dan youtube, media cetak berupa brosur, banner, baliho, dan surat undangan, media pers yang bekerja sama dengan Radar Tulungagung, dan media digital berupa company profile dan softwere editing. (3) strategi humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru melalui langkah-langkah berikut : a) promosi online menggunakan sosial media, b) peningkatan hubungan kerja sama, c) branding keunggulan sekolah, d) diversifikasi konten promosi. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa manajemen humas di SMKN 1 Boyolangu sudah berjalan cukup baik, terlihat pada keberhasilan program-program yang dijalankan, memiliki mitra kerja sama yang berjumlah banyak, aktivitas yang didukung dengan kemajuan teknologi, serta memiliki strategi yang kompetitif sehingga dapat meningkatkan kualitas promosi dan menarik minat peserta didik sebanyak-banyaknya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207201025 VIANI RIZKI AMALIA |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 08:07 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 08:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48191 |
Actions (login required)
View Item |