PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KADEMANGAN PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA

SISKA RAMADHANI, 126211201034 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KADEMANGAN PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul“Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan pada Materi Bumi dan Tata Surya” ini ditulis oleh Siska Ramadhani, NIM. 126211201034, Jurusan Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Bumi dan Tata Surya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kademangan dengan latar belakang guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang aktif dan sebagian besar kesulitan serta belum terlalu memahami materi bumi dan tata surya karena materi bersifat abstrak dan siswa tidak menghadapi bendanya secara langsung. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa tersebut diperlukan model pembelajaran yang sesuai yaitu model pembelajaran Discovery Learning, karena melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik dan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk mengangkat sebuah penelitian dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan pada Materi Bumi dan Tata Surya". Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan pada materi bumi dan tata surya. (2) Mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan. (3) Mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan pada materi bumi dan tata surya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan dengan jumlah 290 siswa dan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas yang digunakan yaitu VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah sebanyak 30 siswa. Serta kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test serta angket. Teknik analisis data yang digunakan pada instrumen yakni uji validitas dan reliabilitas, pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-T, uji Mann-Whitney, dan uji Kruskall Wallis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan pada materi bumi dan tata surya. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan pada materi bumi dan tata surya. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kademangan pada materi bumi dan tata surya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201034 SISKA RAMADHANI
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:56
Last Modified: 02 Aug 2024 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48207

Actions (login required)

View Item View Item