PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI BAITURROHMAN SUWALUH PAKEL TULUNGANGUNGTAHUN AJARAN 2015/2016

TRI WULANDARI, 2817123164 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI BAITURROHMAN SUWALUH PAKEL TULUNGANGUNGTAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Tri Wulandari, NIM. 2817123164, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Musrikah, M.Pd. Kata kunci: Metode Mind Mapping, Hasil belajar Matematika Penelitian inin dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Matematika di MI Baiturrohman cenderung membuat peserta didik jenuh karena metode yang digunakan berpusat pada guru seperti ceramah sehingga peserta didik cenderung pasif. Menyikapi permasalah tersebut penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, salah satu alternatif yang digunakan adalah menerapkan metode mind mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan bangun ruang pada peserta didik kelas V MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung 2015/2016?. (2)Bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika pokok bahasan bangun ruang melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping peserta didik kelas V MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung 2015/2016?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan bangun ruang pada peserta didik kelas V MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung 2015/2016. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping peserta didik kelas V MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan metode mind mapping, hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Matematika pokok bahasan bangun ruang. Hal ini dapt dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 57,77 dengan presentase ketuntasan 22,22%, siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 69 dengan presentase ketuntasan 44,44% yang berada pada kriteria cukup baik. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik mencapai 85,5 dengan presentase ketuntasan 88,88% dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 16,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123164 TRI WULANDARI
Date Deposited: 16 Feb 2017 03:22
Last Modified: 16 Feb 2017 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4822

Actions (login required)

View Item View Item