PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM PERSPEKTIF GENDER DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

SAYYIDAH FAUZIYAH HAPSARI, 126204202128 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM PERSPEKTIF GENDER DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Perspektif Gender di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Sayyidah Fauziyah Hapsari, NIM 126204202128, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd Kata kunci: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gender. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa agar mampu secara matematis memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan karena proses pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perlu adanya perlakuan oleh guru melalui metode pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) merupakan suatu pembelajaran yang terstruktur untuk membantu guru dalam hal efektifitas penggunaan latihan-latihan baik dalam kelompok maupun individu agar kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dalam perspektif gender. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experimental Design yang melibatkan dua kelompok yang diberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang diambil dengan menggunakan tektik Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes. Metode tes yang digunakan adalah post-test untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil dari analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa laki-laki berbeda dengan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa perempuan; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan perbedaan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202128 SAYYIDAH FAUZIYAH HAPSARI
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:18
Last Modified: 09 Jul 2024 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48265

Actions (login required)

View Item View Item