تطبيق تعليم المفردات الفعّالي بطريقة التضاد و الترادف في درس اللغة العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسّطة الإسلاميّة سونان أمبيل كاديري

AUWALUN HIDAYAH, 126202201024 (2024) تطبيق تعليم المفردات الفعّالي بطريقة التضاد و الترادف في درس اللغة العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسّطة الإسلاميّة سونان أمبيل كاديري. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Penerapan Pembelajaran mufrodat yang efektif melalui metode antonim dan sinonim pada pelajaran bahasa arab untuk kelas tujuh di MTs Sunan Ampel Kediri" oleh Auwalun Hidayah, NIM: 126202201024 dibimbing oleh Ustadz Prof. Dr. H. Kojin M.A. Kata Kunci: Pembelajaran Mufrodat, Metode Antonim, Metode Sinonim. Skripsi yang membahas tentang penerapan Pembelajaran mufrodat dengan metode antonim dan sinonim, di latar belakangi oleh menciptakan pembelajaran mufrodat yang efektif dalam bahasa arab, karena bahasa arab dianggap siswa sebagai salah satu mata pelajaran yang di rasa sulit bagi sebagian besar siswa terlebih pada jenjang madrasah tsanawiyah. Beberapa faktor bisa menjadi pemicu rasa sulit tersebut. Salah satunya adalah sebagian siswa kelas tujuh yang berasal dari sekolah dasar belum mengenal kosakata sehingga minimnya penguasaan kosakata bahasa arab serta minat terhadap mata pelajaran bahasa arab. Sehingga bagi para guru dibutuhkan sebuah inovasi untuk dapat mendongkrak minat dan penguasaan kosa kata bahasa arab agar dapat memberikan hasil yang terbaik dari segi penguasaan kosakata dan hasil belajar siswa. Peneliti mencoba mengamati antusias siswa tujuannya untuk mengetahui apakah metode ini bisa mewujudkan keefektifan belajar, menjadikan proses pembelajaran tidak membosankan, dan pembelajaran tersebut akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui metode pembelajaran kosakata antonim dalam bahasa arab untuk kelas tujuh di MTs Sunan Ampel Kediri. (2) untuk mengetahui metode pembelajaran kosakata sinonim dalam bahasa arab untuk kelas tujuh di MTs Sunan Ampel Kediri. (3) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kosakata antonim dan sinonim dalam bahasa arab untuk kelas tujuh di MTs Sunan Ampel Kediri. (4) untuk mengetahui masalah atau kendala pada metode pembelajaran kosakata antonim dan sinonim dalam bahasa arab untuk kelas tujuh di MTs Sunan Ampel Kediri. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berusaha menggambarkan secara mendalam dari fenomena yang dikaji, dalam hal ini peneliti dapat melakukan pendekatan dengan informan agar memperoleh data yang faktual dengan melakukan observasi dan dokumentasi di kelas tujuh, serta wawancara dengan guru bahasa arab. Hasil penelitian ini adalah, (1) Guru memperkenalkan kosakata antonim yang ada di dalam buku atau media kepada siswa. Kemudian siswa menirukan dan menghafalkan karena guru akan memberi teka teki dari suatu bacaan yang mengandung kata berlawanan dan juga menunjuk suatu benda sekitar untuk menyebutkan antonimnya jika ada. (2) Guru memperkenalkan kosakata sinonim yang ada di dalam buku atau media kepada siswa. Kemudian siswa menirukan dan menghafalkan karena guru akan memberi teka teki dari suatu bacaan yang mengandung kata yang berbeda namun memiliki makna yang sama dan juga menunjuk suatu benda sekitar untuk menyebutkan sinonimnya jika ada. (3) Penerapan Pembelajaran kosakata antonim dan sinonim melalui media juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan proses belajar, karena dapat membantu siswa lebih bersemangat. (4) Faktor penghambat atau kendala pada sebagian kelas tujuh karena perbedaan asal sekolah sebelumnya, siswa yang berasal dari sekolah dasar belum mengenal tentang kosakata dalam bahasa arab, maka guru akan memperkenalkan kosakata yang paling dasar, dan meminta siswa belajar sedikit demi sedikit.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202201024 AUWALUN HIDAYAH
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:09
Last Modified: 11 Jul 2024 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48272

Actions (login required)

View Item View Item