PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI MIPA MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

ARDIAN NITA TRI WULANDARI, 126211202039 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI MIPA MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI MIPA Ma Ma’arif Udanawu Blitar” ditulis oleh Ardian Nita Tri Wulandari, NIM 126211202039, dengan pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si. M.Si. Kata Kunci: Kolaboratif, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar, semangat serta antusias peserta didik terhadap mata pelajaran fisika yang berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar. Salah satunya karena pembelajaran masih berpusat pada guru dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, Dimana guru cenderung memegang kontrol proses pembelajaran sehingga peserta didik relative pasif menerima dan mengikuti pembelajaran. Dengan ini model pembelajaran kolaboratif diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap keaktifan peserta didik kelas XI MIPA Ma Ma’arif Udanawu Blitar. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA Ma Ma’arif Udanawu Blitar. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA Ma Ma’arif Udanawu Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain non-equivalentcontrol grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah 200 peserta didik dengan sampel yang di gunakan adalah 37 peserta didik kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan 37 peserta didik kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Tehnik sampling yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yakni purposive sampling, tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Tehnik analisis uji instrument dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, pada uji pra-syarat menggunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan untukuji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas XI MIPA pada materi suhu dan kalor Ma Ma’arif Udanawu Blitar. Dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) 0,003 < 0,05 yang menyatakan bahwa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202039 ARDIAN NITA TRI WULANDARI
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:46
Last Modified: 09 Jul 2024 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48311

Actions (login required)

View Item View Item