DINA MUFIDA HUSNA, 126204202087 (2024) PENGARUH LITERASI NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI KELAS VII MTs. IMAM AL GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (923kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (743kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (895kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (804kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Husna, Dina Mufida. 2024. Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Kelas VII MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Literasi Numerasi, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan literasi numerasi dan kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada abad ke-21. Kurangnya pemahaman siswa terhadap permasalahan matematis terkait HOTS menyebabkan siswa memiliki kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan kategori rendah. Melalui kemampuan literasi numerasi yang baik, diharapkan kemampuan menyelesaiakan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada siswa juga meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh literasi numerasi terhadap kemampuan menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas VII MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung, (2) untuk mengetahui seberapa besar literasi numerasi memengaruhi kemampuan menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas VII MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Causal Effect. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VII-A MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh literasi numerasi terhadap kemampuan menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas VII MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05. (2) besar pengaruh literasi numerasi terhadap kemampuan menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas VII MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung adalah 31,8 %.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202087 DINA MUFIDA HUSNA |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 08:15 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 08:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48344 |
Actions (login required)
View Item |