PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALIDAWIR

NUR FAZA LUTFIAH, 126208203096 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning tipe The Power Of Two terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir” , ini ditulis oleh Nur Faza Lutfiah NIM 12620203096, yang dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Active Learning tipe The Power Of Two, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan kegiatan belajar mengajar di kelas SMA Negeri 1 Kalidawir, dilaksanakan dengan model pembelajaran guru menerangkan dengan cara ceramah atau konvensional. Pertukaran informasi hanya satu arah, dari pendidik ke murid, sehingga membosankan bagi murid. Maka diperlukan pradigma pembelajaran yang tepat seperti pembelajaran aktif tipe the power of two. Active learning tipe the power of two merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai strategi kegiatan belajar mengajar yang menuntut keaktifan siswa dan partisipasi siswa secara maksimal dalam segala aktivitas pembelajaran sehingga siswa dapat mengubah perilakunya secara efektif dan efesien, sehingga siswa dapat membimbing satu sama lain, bertanggung jawab secara individu, serta sepakat untuk terlibat dan berinteraksi satu sama lain. Penelitian ini memiliki tujuan adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning tipe The Power Of Two terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dilakukan dalam bentuk eksperimen semu. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kalidawir. Peneliti mengumpulkan data melalui tes dan dokumentasi. Data selanjutnya diperiksa dengan uji prasyarat seperti uji normalitas Shapiro Wilk dan uji homogenitas. Lebih lanjut, dilakukan pengujian hipotesis yang terdiri dari uji independent sample t-test dan uji effect size. Terdapat hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh pada model pembelajaran active learning tipe the power of two terhadap hasil belajar materi perubahan dan pelestarian lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir yang cukup signifikan dibuktikan dengan uji independent sample t-test sejumlah 0,000 < 0,05, selain uji independent smple t-test penelitian ini menggunakan uji effect size untuk memperkuat besar pengaruh model pembelajaran active learning tipe the power of two adalah sebesar 1,3 dengan nilai 90% dan nilai ini masuk dalam kategori baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208203096 NUR FAZA LUTFIAH
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:59
Last Modified: 18 Jul 2024 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48361

Actions (login required)

View Item View Item