PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK

MARSAA RIHAADATUL AISY, 126201202162 (2024) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI di Kelas X SMAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Marsaa Rihaadatul Aisy, NIM. 126201202162, Pembimbing Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka Pendidikan karakter merupakan fokus utama yang dikembangkan dalam kurikulum merdeka di mana PAI adalah salah satu mata pelajaran yang mempunyai potensi besar dalam menanamkan pendidikan karakter ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara detail mengenai penanaman pendidikan karakter pada kurikulum merdeka dalam mata pelajaran PAI dimulai dari desain pembelajaran, konten pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitiannya adalah peserta didik, guru PAI dan Waka Kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan baik sesuai kurikulum merdeka yang diterapkan melalui 6 dimensi P5 (Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yaitu: Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, bernalar kritis, berkebinekaan global dan kreatif. Konten pembelajaran efektif dalam membantu siswa memahami materi pembelajaran yang diberikan melalui materi-materi dari modul, internet dan dalam bentuk pemberian contoh secara langsung yang diterapkan guru melalui pembiasaan, keteladanan dan nasihat. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara terstruktur dalam memantau karakter siswa yaitu dengan cara melakukan observasi perilaku siswa, mengukur kekonsistenan rencana program pendidikan karakter, menganalisis data, mendiskusikan temuan masalah, mengidentifikasi langkah perbaikan dan memantau secara berkelanjutan penanaman pendidikan karakter, sehingga penanaman pendidikan karakter sukses diterapkan dalam sekolah SMAN 2 Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202162 MARSAA RIHAADATUL AISY
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:34
Last Modified: 23 Jul 2024 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48394

Actions (login required)

View Item View Item