IMPLEMENTASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DALAM PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE (Studi Kasus Kabupaten Tulungagung)

AHMAD SHOLIHUDDIN ASFIYAAK, 12103193122 (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DALAM PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE (Studi Kasus Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD SHOLIHUDDIN ASFIYAAK, 12103193122, Implementasi Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Dalam Perspektif Good Governance (Studi Kasus Kabupaten Tulungagung), Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, 2024, Pembimbing: Muksin, M.H. Kata Kunci : Layanan Aspirasi, Pengaduan Online, Good Governance. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peraturan bupati tulungagung no 6 tahun 2019 tentang pemberlakuan layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (LAPOR) di Tulungagung. Layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat merupakan progam dari pemerintah untuk meningkatkan atau lebih pelayanan publik kepada masyarakat di era sekarang. Untuk mencapai tujuan dari layanan aspirasi dan pengaduan online itu sendiri salah satunya adalah dengan memenuhi prinsip-prinsip dari good governance yaitu akuntabilitas, transparansi, keterbukaan, dan aturan hukum. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa rumusan masalah diantaranya adalah 1) Bagaimana Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat dalam Peraturan Bupati No. 6 Tahun 2019 tentang Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online? 2) Bagaimana Implementasi layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (LAPOR) di Kabupaten Tulungagung dalam perspektif Good Governance ? 3) Bagaimana pemahaman Masyarakat tentang Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat di Kabupaten Tulungagung ? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris atau penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan peneliti adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data yang diperoleh dari catatan lapangan, kemudian dilakukan penyajian data dalam bentuk uraian singkat kemudian dilakukan penarikan kesimpulan dan verifikasi yang bisa digunakan untuk menjawab atas permasalahan yang ada dalam penelitian yang sudah dirumuskan diawal. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti melakukan observasi secara terus menerus dan triangulasi dengan membandingkan data yangdidapat antara beberapa narasumber kemudian dilakukan analisis dan juga diperiksa kebenarannya. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1.Di Tulungagung sendiri telah membentuk peraturan untuk layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat. Hal ini diatur dalam peraturan Bupati No. 6 Tahun 2019 Tentang Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Layanan pengaduan dan aspirasi telah sesuai dengan pertauran yang berlaku, yaitu melalui website ataupun media yang lain. 2.Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ini dapat mewujudkan pemerintahan yang baik di Tulungagung, karena dengan aplikasi ini dapat menjadikan jembatan antara pemerintah dengan masyarakat, dan dengan adanya LAPOR-SP4N prinsip-prinsip dalam Good Governance dapat terpenuhi, sehingga dapat terwujud suatu Good governance,akan tetapi masih ada kendala yang dialami yaitu disebabkan karena kurangnya sosialisasi mengenai aplikasi SP4N LAPOR dan kurangnya partisipasi dari masyarakat itu sendiri, adanya tindak lanjut yang lama dari instansi terkait. Sehingga belum sepenuhnya SP4N LAPOR ini memenuhi prinsip-prinsip Good Governance. 3.Good governance di Tulungagung dapat terwujud apabila masyarakat memahami mengenai LAPOR-SP4N ini, namun pada realitanya masyarakat di Tulungagung tidak seluruhnya mengetahui LAPOR SP4N ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103193122 AHMAD SHOLIHUDDIN ASFIYAAK
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:00
Last Modified: 10 Jul 2024 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48409

Actions (login required)

View Item View Item