PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGGUNAKAN DATA KELAS VII DI MTsN 8 BLITAR

FADHILA ILMAN NAFI'A, 126204202089 (2024) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGGUNAKAN DATA KELAS VII DI MTsN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nafi’a, Fadhila Ilman. 2024. Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Menggunakan Data Kelas VII di MTsN 8 Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Motivasi, Hasil Belajar Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu prasyarat bagi siswa untuk menghadapi pembelajaran matematika abad 21 dan juga sebagai salah satu faktor yang dapat menentukan hasil belajar siswa. Selain itu, faktor lain yang sangat dibutuhkan dan erat kaitannya untuk menunjang hasil belajar siswa adalah motivasi. Sedangkan faktanya, kemampuan literasi numerasi dan motivasi siswa khususnya pada pembelajaran matematika masih tergolong rendah. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui adanya pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap hasil belajar siswa materi menggunakan data kelas VII di MTsN 8 Blitar, (2) mengetahui adanya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa materi menggunakan data kelas VII di MTsN 8 Blitar, (3) mengetahui adanya pengaruh kemampuan literasi numerasi dan motivasi terhadap hasil belajar siswa materi menggunakan data kelas VII di MTsN 8 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian causal effect. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 8 Blitar yang berjumlah 337 siswa sedangkan sampel yang diteliti adalah siswa kelas VII A, VII B, dan VII C dengan jumlah 102 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif antara kemampuan literasi numerasi terhadap hasil belajar siswa materi menggunakan data kelas VII di MTsN 8 Blitar dengan kontribusinya sebesar 83,9%, (2) ada pengaruh positif antara motivasi terhadap hasil belajar siswa materi menggunakan data kelas VII di MTsN 8 Blitar dengan kontribusinya sebesar 4,2%, (3) ada pengaruh positif antara kemampuan literasi numerasi dan motivasi terhadap hasil belajar siswa materi menggunakan data kelas VII di MTsN 8 Blitar dengan kontribusinya sebesar 84,2%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202089 FADHILA ILMAN NAFI'A
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:20
Last Modified: 10 Jul 2024 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48414

Actions (login required)

View Item View Item