PENGARUH PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

NAHARIN MUFAROHAH, 2811123018 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (19kB)

Abstract

Naharin Mufarohah, 2811123018, 2016, “Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Unggulan Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016”.Skripsi , Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), IAIN Tulungagung. Pembimbing :Dr. Ahmad Tanzeh, M.PdI. Kata Kunci :Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendidikan, motivasi Belajar. Permasalahan : 1. Adakah pengaruh pemanfaatan masjid terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2015/2016 ? 2. Adakah pengaruh pemanfaatan alat peraga terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2015/2016 ? 3. Adakah pengaruh pemanfaatan media pengajaran terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2015/2016 ? 4. Adakah pengaruh secara bersama-sama antara pemanfaatan masjid, alat peraga, dan media pengajaran terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2015/2016 ? Tujuan Penelitian :1. Untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan masjid terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2015/2016. 2. Untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan alat peraga terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2015/2016. 3. Untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan media pengajaran terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2015/2016. 4. Untuk mengetahui adakah pengaruh secara bersama-sama antara pemanfaatan masjid, alat peraga, dan media pengajaran terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2015/2016. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan bentuk penelitian lapangan (Field Research),yaitu penelitian untuk memperoleh data-data lapangan langsung, dan jenis penelitian asosiatif kausal. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas X,XI,XII berjumlah 120 orang dengan teknik pengambilan proportionate stratified random sampling diperoleh sampel 92 siswa.Variabel bebas : pemanfaatan masjid, alat peraga, media pengajaran. Variabel terikat : motivasi belajar siswa. Sumber data: responden dan dokumentasi.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) Angket, (2) Observasi, (3) Wawancara. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi ganda dengan SPSS 21.0. Hasil Penelitian:Pertama,Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan masjid terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa thitung> ttabel (-3,696 > 1,991). Ini dikarenakan masjid juga difungsikan lebih, tidak hanya untuk kegiatan ibadah namun dalam hal pendidikan agama, masjid lebih dimakmurkan seperti pelaksanaan sholat sunnah dhuha, tempat istighotsah dan ceramah agama, pemberian materi belajar ibadah fiqih, pengajaran baca tulis Al-Qur’an, kegiatan pondok romadhon, dan lain sebagainya. Dengan pemanfaatan masjid oleh sekolah akan timbul motivasi dari dalam diri individu. Motivasi intrinsik adalah hal dan keadaan yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang mendorongnya melakukan tindakan belajar. Kedua, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan alat peraga terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung yang ditunjukkan dari thitung> ttabel (5,760 > 1,991). Hal ini dikarenakan dengan penggunaan alat peraga maupun guru yang menjadi alat peraga siswa akan tertarik dengan apa yang digunakan guru dalam mengajar. Hal tersebut akan menarik perhatian dari siswa dan siswa akan termotivasi dalam mempelajari materi yang sedang diajarkan. Ketiga, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media pengajaran terhadap motivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung yang ditunjukkan dari thitung> ttabel (2,826 > 1,991). Hal ini sesuai dengan fungsi dari media pengajaran yaitu disamping membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pengajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi. Keempat, adanya pengaruh yang positif dan simultan antara pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan (masjid, alat peraga, media pengajaran) terhadap motivasi belajar siswa MA Unggulan Bandung yang ditunjukkan dari Fhitung (18,947) > Ftabel (2,71). Sarana dan prasarana yang baik akan membantu keberhasilan mutu pendidikan. Semakin lengkap dan dimanfaatkan secara optimal, sarana dan prasarana suatu sekolah tentu semakin mempermudah murid dan guru untuk mencapai tujuan secara bersama-sama. Namun sarana dan prasarana yang baik harus diiringi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni (guru yang siap).

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123018 naharin
Date Deposited: 24 Feb 2017 06:57
Last Modified: 24 Feb 2017 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4843

Actions (login required)

View Item View Item