CHATERINE MIRELLA, 126210202053 (2024) TIPE KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “RANAH 3 WARNA” KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI KELAS XII SMA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (611kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul Tipe Kepribadian Alif dalam ‘Novel Ranah 3 Warna” Karya Ahmad Fuadi dan Relevansinya sebagai Materi Ajar di Kelas XII SMA ini ditulis oleh Chaterine Mirella, NIM 126210202053, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci : Novel, Teori Kepribadian Hippocrates Galenus, Relevansi Materi Ajar Banyak remaja sedang mencari jati dirinya. Mereka ingin berusaha mengenal siapa dirinya sebenarnya. Masa remaja biasanya ingin mencoba segala sesuatu yang baru dalam hidupnya. Muncul berbagai gejolak emosi dan banyak timbul masalah. Psikologi kepribadian sangat penting untuk mengenal karakter diri sendiri. Untuk mendalami kepribadian perlu adanya pengkajian dengan menggunakan teori kepribadian Hippocrates Galenus. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tipe kepribadian Alif menggunakan teori kepribadian Hippocrates Galenus terhadap novel Ranah 3 Warna, (2) mendeskripsikan relevansi sebagai materi ajar Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa monolog, dialog, dan narasi untuk mengetahui kepribadian dalam tokoh Alif dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Teknik dokumentasi dari novel Ranah 3 Warna untuk mengetahui kepribadian dari tokoh Alif. Teknik wawancara untuk mengetahui relevansi novel Ranah 3 Warna sebagai materi ajar di kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam novel Ranah 3 Warna tokoh Alif memiliki empat tipe, yaitu tipe korelis, sangunis, phlegmatis, dan melankholis. Tipe yang paling dominan yang dimiliki tokoh Alif adalah tipe korelis. Tipe korelis memiliki kekuatan dan kelemahan. Kekuatan dari tipe korelis meliputi percaya diri, pantang menyerah, bertanggung jawab, berkemauan keras, dan pemberani, sedangkan kelemahan tipe korelis meliputi mudah gelisah, dan emosi. (2) relevansi sebagai materi ajar Bahasa Indonesia di kelas XII SMA. Novel Ranah 3 Warna relevan sebagai materi ajar pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII. Pembelajaran Bahasa Indonesia ini diterapkan pada kurikulum 2013, yaitu kompetensi dasar (KD) 3.9 yang berisi “menganalisis isi dan kebahasaan novel”. Harapannya semoga penelitian ini dijadikan sebagai referensi penelitian lain yang terkait dengan kepribadian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202053 CHATERINE MIRELLA |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:26 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48456 |
Actions (login required)
View Item |