PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMPN 3 SRENGAT BLITAR

RINA AWALU Ni’MATUDDIN, 126201203292 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMPN 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar” ditulis oleh Rina Awalu Ni’matuddin, NIM. 126201203292. Pembimbing Bapak Nurul Ihsannudin, Lc.,M..Ag. Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Pendidikan merupakan suatu upaya yang terbangun dan terorganisir untuk mengembangkan kemampuan diri, pengendalian diri, watak, intelektualitas, dan kapasitas melalui proses pembelajaran yang dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Pendidikan meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia, yang menjadikannya sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik dikarenakan sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional atau lebih sering dengan ceramah. Sehingga peneliti memilih melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk dapat mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar, (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar, (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar. Dari rumusan di atas, maka tujuan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar, sampel yang diambil yaitu peserta didik kelas VIII A dan VIII B UPT SMPN 3 Srengat Blitar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya diuji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t angket diperoleh nilai sig < 0,05 yaitu 0,009 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dapat diartikan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar, (2) Hasil uji t post test diperoleh nilai sig < 0,05 yaitu 0,037 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dapat diartikan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar, (3) Hasil uji Anova 2 jalur angket motivasi dan post test diperoleh nilai sig < 0,05 yaitu 0,014 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dapat diartikan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 Srengat Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203292 RINA AWALU NI'MATUDDIN
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:36
Last Modified: 11 Jul 2024 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48468

Actions (login required)

View Item View Item