PENGARUH PEBELAJARAN INTERAKTIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NUR DIANA LUTHFIYAH, 126205202077 (2024) PENGARUH PEBELAJARAN INTERAKTIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Interaktif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Diana Luthfiyah dengan NIM 126205202077.Fakultas Tarbidah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci : Model (STAD), Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta lapangan yang menunjukan sebagian besar siswa memiliki minat belajar yang rendah, hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar belajar, adapun penyebab rendahnya minat belajar akan memberikan dampak pada penurunan hasil belajar, salah satu penyebabnya adalah kurangnya interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran, dimana penggunaan model pembelajaran yang konvensional kurang membuat peserta didik aktif, dari latar belakang diatas peneliti ingin mengetahui pengaruh pembelajaran yang interaktif yaitu model STAD terhadap Minat dan Hasil belajar peserta didik, dibandingkan model ceramah atau konvensional. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah (1) Adakah pegaruh pembelajaran Interaktif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Minat Belajar siswa padamata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung? (2) Adakah pegaruh pembelajaran Interaktif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar siswa padamata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung? (3) Adakah pegaruh pembelajaran Interaktif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Minat dan Hasil Belajar siswa padamata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Desind, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa. Tehnik Sampling adalah Purposive Stratified Sampling yang digunakan pada penelitian ini, yaitu Kelas V-A yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas Kontrol serta kelas V-B Yang Berjumlah 16 siswa sebagai kelas eksperimen. Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji prasyarat menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Sedangkan Uji Hipotesis menggunakan Uji T-tes (Independent T-test dan Uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Adakah pengaruh yang signifikan antara pemebelajaran interaktif model STAD terhadap Minat belajar siswa kelas V, Hal ini dilihat dari perolehan thitung sebesar 6,578 dan Sig (2 tailed) adalah 0,000, karena thitung > ttabel atau 6,578 > 2,035 dan Sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima (2) Adakah pengaruh yang signifikan antara pembelajaran interaktif model STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V. Hal ini dilihat dari perolehan thitung sebesar 5,736 dan Sig (2 tailed) adalah 0,000, karena thitung > ttabel atau 5,736 > 2035 dan Sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima. (3) adakah pengaruh pembelajaran interaktif model STAD terhadap minat dan Hasil belajar siswa kelas V. Dilihat dari hasil yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 dan Sig (2 tailed) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwasanya hasil penelitian dimana (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, dimana terdapat pengaruh Pembelajaran Interaktif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI Al Hidayah 01 Betak Kaidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202077 NUR DIANA LUTHFIYAH
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:55
Last Modified: 11 Jul 2024 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48473

Actions (login required)

View Item View Item