EMAN RAWAENG, 126205205281 (2024) IMPLEMENTASI METODE FUN TEACHING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Fun Teaching pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas III di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Eman Rawaeng, NIM 126205205281, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Hafidz Rosyidiana, M.Pd., NIP 198904292020121008. Kata Kunci: Metode, Fun Theacing, Aqidah Akhlak Penelitian ini membahas tentang metode yang dipakai dalam pembelajaran di Sekolah dasar dengan tujuan untuk menentukan karakter siswa. Metode pembelajaran tersebut digunakan dalam salah satu mata pelajaran yang keberhasilannya menentukan karakter siswa ialah Aqidah Akhlak. Untuk memperoleh keberhasilan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak maka guru menerapkan metode Fun Teaching. Metode Fun Teaching merupakan metode pembelajaran yang merupakan suatu metode belajar dengan sejumlah siswa dimana siswa tersebut merasa senang, nyaman, tenang dan tidak ada tekanan dalam belajar. Oleh karena itu penelitian ini meneliti tentang implementasi metode Fun Teaching pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yaitu, 1) bagaimana persiapan metode Fun Teaching pada mata pembelajaran aqidah akhlak di kelas III MIN 4 Tulungagung? 2) bagaimana penerapan metode Fun Teaching pada mata pembelajaran aqidah akhlak di kelas III MIN 4 Tulungagung? dan 3) bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran aqidah akhlak dengan metode Fun Teaching? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga teknik menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran dengan menggunakan metode Fun Teaching oleh guru yaitu dengan menyiapkan RPP, materi ajar yang berupa video atau yang lainnya, dan mepresensi siswa kemudian memberikan beberapa motivasi kepada siswa. Pada tahap pelaksanaan Fun Teaching yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa dalam mempelajari Akhidah Akhlak. Selanjutnya adalah tugas guru dan orang tua untuk mengajarkan pemahaman kepada siswa agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Fun Teaching juga memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu kelebihan berupa 1) dapat diterapkan pada semua materi, 2) metode yang disukai siswa, 3) dapat dikombinasikan dengan metode lain, dan 4) siswa yang berkarakter. Sedangkan kelemahan dari Fun Teaching adalah kurangnya pemahaman guru terhadap Fun Teaching dapat membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai. Mengingat kemampuan setiap guru berbeda-beda, keberhasilan penerapan Fun Teaching akan berbeda.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205205281 EMAN RAWAENG |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 06:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48482 |
Actions (login required)
View Item |