WINGIT PURBANING TYAS JATI, 126201202160 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MAN 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2023-2024. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (248kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di MAN 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2023-2024” ini ditulis oleh Wingit Purbaning Tyas Jati, NIM. 126201202160, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Nur Cholis, S. Pd. I, M. Pd Kata Kunci : Jigsaw, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Pembelajaran kooperatif model jigsaw ini merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen, dan siswa bekerjasama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri. Iigsaw adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang mendorong siswanya aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai sebuah hasil yang maksimal. Peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian eksperimen pada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Rumusan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif SKI siswa kelas XI di MAN 1 Trenggalek ? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar afektif SKI siswa kelas XI di MAN 1 Trenggalek ? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar psikomotorik SKI siswa kelas XI di MAN 1 Trenggalek ?. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek sebanyak 299 siswa. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI E yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI F yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan angket. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar afektif siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,012 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar psikomotorik siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kebudayaan Islam Sejarah Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202160 WINGIT PURBANING TYAS JATI |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:11 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48486 |
Actions (login required)
View Item |