REPUTASI DAI DALAM MEMBINA SPIRITUAL REMAJA MILENIAL: Studi Tokoh Dennis Lim Dalam Channel Youtube @Kohdennislim.Official

MUNAWWAROTUL MUNA, 126311201012 (2024) REPUTASI DAI DALAM MEMBINA SPIRITUAL REMAJA MILENIAL: Studi Tokoh Dennis Lim Dalam Channel Youtube @Kohdennislim.Official. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang reputasi yang dimiliki dai Dennis Lim, dengan tujuan untuk mengevaluasi sejauh mana reputasi dai Dennis Lim melalui persepsi masyarakat khususnya remaja milenial, serta menganalisis respons masyarakat terhadap gaya dakwahnya dan strategi dakwah yang digunakan Koh Dennis Lim dalam membina spiritual remaja milenial melalui platform media dakwah pada channel Youtubenya. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari teknik observasi dan dokumentasi, dengan dua sumber data yakni primer dan sekunder. Instrumen kunci penelitian ini ialah peneliti itu sendiri, dengan dibantu instrumen tambahan seperti buku catatan beserta alat tulisnya, laptop dan handphone. Lokasi penelitian ini berada di media sosial Youtube. Subjek penelitian ini ialah dai Dennis Lim dan masyarakat khususnya remaja milenial sebagai objek penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah teori miles dan Huberman, yang mencakup: reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi dai sangat penting untuk diperhatikan karena jika reputasi buruk maka orang lain tidak akan ada yang percaya kepada dai tersebut dan sebaliknya jika reputasi yang dimilikinya baik maka orang lain akan percaya kepada dai tersebut sehingga mengikuti kajian dakwah yang dibawakannya. Dengan demikian, seorang dai harus bisa mempertahankan reputasi baiknya, jika mempunyai reputasi yang tidak baik maka dai itu harus mengembalikan citranya menjadi baik. Hal ini dilakukan untuk bisa menarik mad’u khusunya remaja milenial supaya mengikuti kajian dakwah yang dibawakan dai Dennis Lim dengan begitu para remaja milenial akan lebih mudah untuk terbina sikap spiritual dalam dirinya. Untuk membina spiritual remaja milenial dai Dennis Lim menggunakan strategi dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dan metode Bil Hikmah karena dapat memudah orang lain memahami pesan dakwah yang telah disampaikan. Penyampaian dakwah dai dennis lim selalu ada cerita-cerita atau perumpamaan yang membuat para mad’u termotivasi untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Peneliti sangat menyadari bahwa dalam penelitian ini masih terdapat kesalahan dan kurangnya penjelasan yang diuraikan secara detail. Maka peneliti menyarankan kepada pembaca agar lebih cerdas dan kritis dalam mempelajari hasil penelitian ini. Selain itu, peneliti juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya, jika memutuskan untuk melakukan penelitian dengan fokus yang sama, diperlukan upaya untuk menggali lebih dalam mengenai penjelasan setiap aspeknya. Kata Kunci: Reputasi Dai, Dakwah, Spiritual Remaja Milenial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: 126311201012 MUNAWWAROTUL MUNA
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:38
Last Modified: 11 Jul 2024 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48489

Actions (login required)

View Item View Item