PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

TASYA FATCHIATI RIZQIYA, 126209203118 (2024) PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (781kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Peran Guru Sejarah dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS MA Darul Huda Wonodadi Blitar" ditulis oleh Tasya Fatchiati Rizqiya NIM 126209203118, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dita Hendriani M.A Kata Kunci: Guru Sejarah, Sikap Nasionalisme, Siswa Sikap Nasionalisme kalangan siswa dewasa ini tergolong memprihatinkan sering kali masih banyak siswa yang terlambat masuk sekolah, tidak khidmat dalam mengikuti upacara bendera, tidak patuh terhadap guru, kurangnya sikap kepedulian terhadap peserta didik lain, dan kurangnya rasa saling menghormati antara sesama peserta didik atau dengan guru mereka. Peran guru sejarah dalam pembelajaran lebih mengarah dalam pembentukan karakter siswa melalui penyampaian nilai-nilai nasionalisme yang dapat dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Sehingga guru sejarah menjadi tokoh terdepan yang berperan dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah : (1) Untuk mengetahui Perwujudan sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS MA Darul Huda Wonodadi Blitar dalam kehidupan sehari-hari, (2) Untuk mengetahui Peran guru sejarah dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS MA Darul Huda Wonodadi Blitar, (3) Untuk mengetahui Perwujudan Kendala-kendala yang dihadapi guru sejarah dalam upaya meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan tehnik wawancara terhadap pihak yang berkaitan, tehnik observasi terkait objek-objek dan tehnik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: (1)sikap nasionalisme dikalangan siswa kelas XI IPS MA Darul Huda Wonodadi Blitar dalam perwujudan sikap nasionalisme di kehidupan sehari-hari dalam hal bangga menjadi bangsa negara Indonesia, rela berkorban, menerima kemajemukan dan bangga kepada budaya Indonesia, dan menghargai jasa para pahlawan adalah diwujudkan dengan siswa belajar dengan rajin, disiplin waktu mengikuti kegiatan sekolah, menggunakan produk dalam negeri dan menghargai pendapat orang lain. (2) Peranan guru sejarah dalam usaha meningkatkan sikap nasionalisme siswa guru memiliki peran sebagai teladan, pembimbing, pengajar, inspirator, pemegang otoritas, dan evaluator. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa adalah perkembangan globalisasi, faktor latar belakang keluarga yang berbeda-beda, dan pergaulan siswa yang luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209203118 TASYA FATCHIATI RIZQIYA
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:26
Last Modified: 11 Jul 2024 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48515

Actions (login required)

View Item View Item