AVELLA AGUSTINA SURYANINGTYAS, 12205193249 (2024) IMPLEMENTASI METODE BERVARIASI PADA PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KOTA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (252kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Bervariasi Pada Pembelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MI Al-Hidayah 01 Betak Kota Tulungagung” ini ditulis oleh Avella Agustina Suryaningtyas, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd. I. Kata Kunci: Implementasi metode bervariasi, Pembelajaran fikih, Motivasi belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena minimnya metode pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan sekaligus mendalami materi pada pembelajaran fikih. Namun hal tersebut didukung oleh kebanyakan peserta didik saat ini menyukai hal-hal yang melibatkan peran peserta didik. Sehingga menarik perhatian peneliti untuk menerapkan metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah menggunakan metode bervariasi. Peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai implementasi metode bervariasi pada pembelajaran fikih di MI Al-Hidayah 01 Betak. Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan metode bervariasi dalam pembelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Al-Hidayah 01 Betak Kota Tulungagung? 2) Bagaimana hambatan ketika menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Al-Hidayah 01 Betak Kota Tulungagung? 3) Bagaimana solusi ketika menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Al-Hidayah 01 Betak Kota Tulungagung? Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan guru dalam implementasi metode bervariasi pada pembelajaran fikih di MI Al-Hidayah 01 Betak yaitu Guru membuka pembelajaran dengan menanyakan kabar serta dilanjutkan dengan melakukan ice breaking, Guru menjelaskan materi salat jumat kepada peserta didik dengan memberikan sedikit gambaran dengan contoh langsung, Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang di jelaskan kemudian menjawabnya, Guru menunjuk 2 siswa untuk maju kedepan kelas untuk melakukan praktek tata cara salat jumat, Siswa mempraktekkan tata cara salat jumat di dampingi guru, Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang praktek salat jumat, Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi mengenai tata cara salat jumat, keutamaan salat jumat, Guru membagikan tugas ke pada setiap kelompok, Siswa berdiskusi bersama kelompoknya dan mencatat hasil diskusi, Salah satu siswa maju kedepan untuk mempresentasikan hasil diskusi mewakili kelompok masing-masing, Guru menyimpulkan pembelajaran. 2) Hambatan guru dalam implementasi metode bervariasi pada pembelajaran fikih di MI Al-Hidayah 01 Betak yaitu Guru sulit mengukur pemahaman siswa, siswa cenderung pasif dan cenderung membosankan, kurang waktu dalam proses pembelajaran, siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam memahami materi, guru sukar memberi tugas yang sesuai karena perbedaan kemampuan siswa, siswa ramai pada saat mengerjakan tugas, siswa kurang berpartisipasi aktif sehingga tidak bertanggung jawab terhadap hasil diskusi, siswa mengalami kesulitan mengemukakan ide-idenya atau pendapatnya. 3) Solusi guru dalam implementasi metode bervariasi pada pembelajaran fikih di MI Al-Hidayah 01 Betak yaitu Guru harus menggunakan kata-kata sederhana dan mudah di pahami, menjelaskan dengan mengaitkan materi dengan contoh nyata, sebelum mempraktekkan berikan penjelasan dan petunjuk, siswa dilibatkan secara langsung, tugas yang diberikan harus jelas tujuan dan bertanggungjawab atas hasil yang dikerjakan, topik yang dibahas hendaknya permasalahan yang banyak alternatif pemecahannya, menyesuaikan dengan tingkat kemampuan berpikir siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193249 AVELLA AGUSTINA SURYANINGTYAS |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:42 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48541 |
Actions (login required)
View Item |