Muchamad Zaenodin, 3217093055 (2017) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
SAMPUL, Lembar Persetujuan&Pengesahan dll.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_I.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_V.pdf Download (124kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (124kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kedisiplinan, Motivasi, Hasil, Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kedisiplinan siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kedisiplinan menjadi aspek pendukung pencapaian hasil belajar. Dalam proses pembelajaran sikap disiplin menjadi penentu hasil belajar bagi peserta didik. Hal ini bisa dilihat dari nilai yang diperoleh, peserta didik yang disiplin cenderung mendapatkan nilai yang lebih bagus daripada dengan peserta didik yang kurang disiplin. Selain dari pada dorongan atau motivasi juga memberi kontribusi terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara kedisiplinan dan motivasi siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika pada kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung (3) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi meliputi seluruh siswa kelas V MIN Pucung Ngantru, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak karena masing-masing kelas dianggap homogen dan tidak mempunyai tingkatan (strata) tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dokumentasi dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa MIN Pucung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang kedisiplinan dan motivasi siswa. Metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel dan dokumen madrasah. Sedangkan observasi dilakukan peneliti untuk melihat kegiatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika kelas V MIN Pucung Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai tempirical (3,015) > tteoritik 5% (2,120) . (2) Ada pengaruh positif motivasi terhadap hasil belajar matematika kelas V MIN Pucung Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai tempirical (3,236) > tteoritik 5% (2,120). (3) Ada pengaruh positif kedisiplinan dan motivasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika kelas V MIN Pucung Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fempirik (24,355) > Fteoritik (3,680) dengan R square sebesar 0,765. Dengan demikian, kedisiplinan dan motivasi secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 76,5% terhadap hasil belajar matematika kelas V MIN Pucung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 3217093055 MUCHAMAD ZAENODIN |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 06:38 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 06:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4860 |
Actions (login required)
View Item |