NAILA HELMA ZULFIANI, 126201202142 (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENCIPTAKAN KONDISI PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs. MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu masalah di dalam dunia pendidikan yang berupa proses pembelajaran. Dalam prosesnya, perlu adanya gambaran secara mendalam tentang proses pembelajaran yang dilakukan dalam rangka menciptakan kondisi pembelajaran interaktif. Upaya yang dilakukan guru dalam mengelola proses pembelajaran dipandang sebagai keunikan guru dalam kreativitasnya untuk menciptakan kondisi pembelajaran interaktif. Untuk itu peneliti akan membahas tentang kreativitas guru dalam menciptakan kondisi pembelajaran interaktif mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Fokus penelitian ini adalah: (1) Kreativitas guru dalam menggunakan strategi untuk menciptakan kondisi pembelajaran interaktif mapel SKI Kelas VIII di MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar?, (2) Kreativitas guru dalam menggunakan metode untuk menciptakan kondisi pembelajaran interaktif mapel SKI Kelas VIII di MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar?, (3) Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar untuk menciptakan kondisi pembelajaran interaktif mapel SKI Kelas VIII di MTs. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar?. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahap penelitiannya berupa tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap laporan. Hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam menggunakan strategi yaitu dengan menerapkan strategi kooperatif dan strategi pembelajaran berbasis masalah. (2) Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran diantaranya dengan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, dan peta konsep. Selain itu, guru dengan memberikan perhatian khusus terhadap peserta didik yang perkembangannya lebih lambat daripada peserta didik yang lain. (3) Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar dengan menggunakan beberapa jenis sumber belajar yang berupa orang, tempat atau lingkungan, buku, dan alat. Orang, yakni dari guru SKI yang mengajar di kelas. Tempat atau lingkungan, yakni kelas, perpustakaan, dan ruang komputer. Berupa buku, yakni buku LKS dan buku paket. Berupa alat, yaitu proyektor LCD, laptop, power point, dan video pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202142 NAILA HELMA ZULFIANI |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 04:08 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48611 |
Actions (login required)
View Item |