NURITA ANGGRAINI, 126204201015 (2024) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MTSN 3 JOMBANG PP BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (815kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang” ditulis oleh Nurita Anggraini, NIM. 126204201015, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah. Disposisi matematis merupakan pandangan seseorang terhadap matematika. Seperti kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga mereka kurang menguasai pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran siswa tentang pentingnya pembelajaran matematika dan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Dengan adanya disposisi matematis inilah akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian ex-post facto korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G, VII H, VII U dan VII V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan dari disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, 2) Besar pengaruh dari disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang yaitu sebesar 89,7%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Matematika > Perbandingan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201015 NURITA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:23 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48622 |
Actions (login required)
View Item |