PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MTSN 3 JOMBANG PP BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

NURITA ANGGRAINI, 126204201015 (2024) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MTSN 3 JOMBANG PP BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang” ditulis oleh Nurita Anggraini, NIM. 126204201015, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah. Disposisi matematis merupakan pandangan seseorang terhadap matematika. Seperti kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga mereka kurang menguasai pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran siswa tentang pentingnya pembelajaran matematika dan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Dengan adanya disposisi matematis inilah akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian ex-post facto korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G, VII H, VII U dan VII V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan dari disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, 2) Besar pengaruh dari disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang yaitu sebesar 89,7%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Matematika > Perbandingan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201015 NURITA ANGGRAINI
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:23
Last Modified: 15 Jul 2024 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48622

Actions (login required)

View Item View Item