PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SKI PESERTA DIDIK DI MI AL-HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MIDA LAILY MUZDALIFAH, 126205203245 (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SKI PESERTA DIDIK DI MI AL-HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar SKI Peserta Didik di MI Al Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Mida Laily Muzdalifah, NIM 126205203245, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci : Peran Guru, Minat Belajar Pentingnya memiliki minat belajar bagi peserta didik merujuk pada peran guru dalam meningkatkan minat belajar yang turut mempengaruhi keberhasilan bagi peserta didik. Minat dalam diri peserta didik akan timbul jika rasa senang dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Peserta didik dengan minat yang sangat besar akan dapat melaksanakan semua kegiatan belajarnya dengan sungguh-sungguh. Namun sebaliknya jika minat peserta didik kurang dalam mengikuti kegiatan belajar didalam kelas maka peserta didik akan tidak bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan belajarnya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik untuk meningkatkan minat belajar SKI peserta didik di MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru sebagai motivator untuk meningkatkan minat belajar SKI peserta didik di MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator untuk meningkatkan minat belajar SKI peserta didik di MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik untuk meningkatkan minat belajar SKI peserta didik di MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator untuk meningkatkan minat belajar SKI peserta didik di MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai evaluator untuk meningkatkan minat belajar SKI peserta didik di MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability) dan uji kepastian (Comfirmability). Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan minat belajar SKI peserta didik sudah dijalankan di MI Al Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. Peran guru tersebut yaitu menjadi suri tauladan dan panutan untuk peserta didik, menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu RPP, menjelaskan materi menggunakan bahasa atau kata yang dipahami oleh peserta didik, dan menggunakan metode, strategi dan media pembelajaran yang bervariasi. (2) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar SKI peserta didik sudah dijalankan di MI Al Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. Peran guru tersebut yaitu memberikan motivasi kepada peserta didik berupa memberi pujian dan semangat agar peserta didik termotivasi untuk meningkatkan minat belajar SKI dan mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari seperti meneladani sikap dari khulafaur rasyidin supaya peserta didik dapat termotivasi mengikuti pembelajaran SKI. (3) Peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan minat belajar SKI sudah dijalankan di MI Al Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. Peran guru tersebut memberikan latihan soal, Ualangan Harian untuk mengukur pemahaman peserta didik dan membuat kesimpulan bersama-sama diakhir proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203245 MIDA LAILY MUZDALIFAH
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:44
Last Modified: 23 Jul 2024 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48642

Actions (login required)

View Item View Item