STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN 2 KOTA BLITAR

MAZIDATUL HUSNA, 126207202075 (2024) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Mazidatul Husna, NIM. 126207202075, pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Strategi, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan. Kepemimpinan kepala madrasah menjadi keywoards keberhasilan dan keberlangsungan peningkatan mutu suatu madrasah. Kepemimpinan bermakna suatu proses mempengaruhi, memotivasi oleh atasan kepada bawahan untuk mewujudkan tujuan organisasi. Kepemimpinan kepala madrasah merupakan faktor penting yang menentukan berjalan atau tidaknya suatu organisasi. Kepala madrasah merupakan unsur vital bagi efektivitas lembaga pendidikan. Tidak kita jumpai sekolah yang baik dengan kepala madrasah yang buruk atau sebaliknya madrasah yang buruk dengan kepala madrasah yang baik. Kepemimpinan kepala madrasah juga menjadi tolak ukur dalam menilai peningkatan mutu pendidikan yang ada di MTsN 2 Kota Blitar. Sekolah yang memiliki standar mutu pendidikan yang baik maka diyakini akan menciptakan generasi-generasi yang baik juga untuk masa depan. Penelitian ini berfokus pada, 1) perencanaan strategi (strategic planning) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Blitar, 2) pelaksanaan strategi (strategic implementation) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Blitar, 3) evaluasi strategi (strategic evaluation) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Blitar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan perencanaan strategi (strategic planning) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Blitar, 2) mendeskripsikan pelaksanaan strategi (strategic implementation) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Blitar, 3) menjelaskan evaluasi strategi (strategic evaluation) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang dilaksanakan di MTsN 2 Desa Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, Staff TU, dan siswa-siswi MTsN 2 Kota Blitar. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru Kepala Madrasah sebagai informan kunci dan sumber data sekundernya adalah waka kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi partisipan, teknik wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 2 Kota Blitar ini dilakukan dengan: a. Perencanan strategi dengan membuat program kerja yaitu: 1. Program kerja jangka pendek. 2. Proogram kerja jangka menengah 3. Program kerja jangka panjang. b. Pelaksanaan strategi Kepala madrasah membuat unggulan madrasah yaitu: 1. Kelas tahfidz alqur’an 2. Kelas Olimpiade. c. Evaluasi strategi dilakukan dengan 3 tahap yaitu: 1. Evaluasi dilakukan sebelum kegiatan program peningkatan mutu pendidikan. 2. Pasca evaluasi kegiatan program peningkatan mutu pendidikan. 3. Setelah selesai kegiatan program peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207202075 MAZIDATUL HUSNA
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:45
Last Modified: 16 Jul 2024 04:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48652

Actions (login required)

View Item View Item