NIKMATUL FARIKHA, 126211202035 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (918kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (502kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Surya di MTsN 7 Tulungagung” ditulis oleh Nikmatul Farikha , NIM 126211202035, Program Studi Tadris Fisika dengan dosen pembimbing Bapak Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kreativitas, Mind Mapping. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia. Oleh karenanya guru harus mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dan salah satu yang diperlukan guru adalah menggunakan modeL pembelajaran yang lebih bervarian. Namun saat ini masih banyak guru kelas yang masih menggunakan model pembelajaran yang terfokus pada guru dan hanya sebatas menerangkan tanpa mengajak siswa lain untuk berfikir atau aktif dalam menyampaikan pendapatnya. Hal ini yang membuat kurangnya pemahaman siswa menjadi buruk. Perlu menggunakan model dan metode yang mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternative yang dapat dipilih oleh guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas pada materi tata surya di MTsN 7 Tulungagung. (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar pada materi tata surya di MTsN 7 tulungagung. (3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar di MTsN 7 tulungagung. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Rancangan pada penelitian ini menggunakan Nonequivalent Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung adalah 296 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 75 yang ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: (1) Tes, (2) Dokumentasi. Teknik analisi yang digunakan pada penelitian yakni uji-t dan uji MANOVA. Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada materi tata surya di MTsN 7 Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai hasil hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar pada materi tata surya di MTsN 7 Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar pada materi tata surya di MTsN Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211202035 NIKMATUL FARIKHA |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:10 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48658 |
Actions (login required)
View Item |