STRATEGI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS INTEGRASI KURIKULUM PEMBELAJARAN PESANTREN DAN MADRASAH DI MA PLUS SUNAN KALIJOGO TRENGGALEK

MUHAMMAD SATRIA NATA BUANA, 126201203275 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS INTEGRASI KURIKULUM PEMBELAJARAN PESANTREN DAN MADRASAH DI MA PLUS SUNAN KALIJOGO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Muhammad Satria Nata Buana, NIM. 126201203275, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan judul “Integrasi Kurikulum Pembelajaran Pesantren dan Madrasah di MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek”, yang dibimbing oleh Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.I .M.Pd. Kata Kunci : Integrasi Kurikulum, Pesantren, Madrasah Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kekhawitaran keberlangsungan Pendidikan formal dalam suatu pondok pesantren, dimana legalitas ijazah sekolah formal sangat penting dan berguna pada saat ini, maka dari itu dibentuklah suatu Pendidikan formal MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam kelanjutan Pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana desain integrasi kurikulum pembelajaran pesantren dan madrasah di MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek? (2) Bagaimana konten integrasi kurikulum pembelajaran pesantren dan madrasah di MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi integrasi kurikulum pembelajaran pesantren dan madrasah di MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek? Penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut: Penelitian yang digunakan adalah penerlitian deskriptif kualitataif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah: (1) Desain integrasi kurikulum pembelajaran pesantren dan madrasah di MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek meliputi Kurikulum madrasah berdiri sendiri dengan mengacu pada juknis Kurikulum Kemenag, Kurikulum pesantren mengacu pada Ponpes Lirboyo (2) Konten integrasi kurikulum pembelajaran pesantren dan madrasah di MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek meliputi Kurikulum pembelajaran madrasah memuat 4 fun PAI yang Dimana diantaranya Fiqih, SKI, Al-Qur’an Hadist dan Aqidah Akhlak, Kurikulum pembelajaran pesantren berisi 6 fun yang dimana diantaranya Fiqih, Bahasa Arab, Tarikh, Tauhid, Tajwid dan Hadist. (3) Evaluasi Integrasi Kurikulum Pembelajaran Pesantren dan Madrasah di MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek meliputi Evaluasi kurikulum pesantren lebih mengacu pada ketentuan pesantren dan Evaluasi kurikulum madrasah mengacu pada ketentuan kurikulum KEMENAG.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203275 MUHAMMAD SATRIA NATA BUANA
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:33
Last Modified: 23 Jul 2024 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48664

Actions (login required)

View Item View Item