PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR

DINA SHINTA NUR FAIZAH, 126211202044 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (822kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul"Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya Kelas VII Di SMP Negeri 3 Srengat Blitar" ditulis oleh Dina Shinta Nur Faizah, NIM 126211202044. Program Studi Tadris Fisika, Dosen Pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams game Tournament (TGT), Minat Belajar, Hasil Belajar, Tata Surya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Srengat pada pembelajaran fisika yakni materi tata surya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Model pembelajaran tersebut mengandung suatu permainan yang dapat menarik perhatian siswa. Oleh karena itu, dengan model pembelajaran TGT mampu menumbuhkan minat belajar siswa dan berpengaruh pada hasil belajar siswa pada materi tata surya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Srengat dengan sampel 31 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatf dengan jenis eksperimen Quasy Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket pada minat belajar siswa dan tes uraian pada hasil belajar siswa. Analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji T yaitu uji Independent sampel T-Test dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII SMPN 3 Srengat Blitar. Dibuktikan dengan hasil hipotesis yaitu 0,002 < 0,05 yang menyatakan H₀ ditolak dan H₁ diterima. (2) ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII SMPN 3 Srengat Blitar. Dibuktikan dengan hasil hipotesis yaitu 0,006 < 0,05 yang menyatakan H₀ ditolak dan H₁ diterima. (3) ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII SMPN 3 Srengat Blitar. Dibuktikan dengan hasil hipotesis 0,003 < 0,05 yang menyatakan H₀ ditolak dan H₁ diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202044 DINA SHINTA NUR FAIZAH
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:01
Last Modified: 16 Jul 2024 05:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48676

Actions (login required)

View Item View Item