KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HOTS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL

DHENY SETIAWAN, 12204193230 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HOTS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Setiawan, Dheny. 2023. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Masalah HOTS pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing Skripsi: Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Kemampuan Matematis, dan Soal HOTS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran di SMPN 1 Sumbergempol, ketika guru melakukan pembelajaran di sekolah dimana rendahnya kemampuan matematis, hal ini dapat dilihat dari masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan soal. Beberapa hanya menyelesaikan soal berpikir tingkat tengah, dan hanya beberapa yang dapat menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi dan juga beberapa hanya menghafalkan rumusnya saja tanpa melakukan konsep berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripskan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII berkemampuan matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah HOTS di SMPN 1 Sumbergempol. (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII berkemampuan matematis sedang dalam menyelesaikan masalah HOTS di SMPN 1 Sumbergempol. (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan masalah HOTS di SMPN 1 Sumbergempol. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol yang berjumlah 6 peserta didik yang terdiri dari 2 peserta didik dengan kemampuan matematis tinggi, 2 peserta didik dengan kemampuan matematis sedang, dan 2 peserta didik dengan kemampuan matematis rendah. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan dari data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif bervariasi dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (1) peserta didik dengan kemampuan matematis tinggi mampu mencapai kemampuan berpikir kreatif Tingkat 4 (sangat kreatif) yakni memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan, dan mampu mencapai kemampuan berpikir kreatif Tingkat 3 (kreatif) yakni mampu memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas. (2) peserta didik dengan kemampuan matematis sedang dapat memenuhi berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif) dimana peseta didik dapat memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas dan berpikir kreatif tingkat 2 (cukup kreatif) hanya mampu memenuhi indikator fleksibilitas. (3) peserta didik dengan kemampuan matematis rendah mampu mencapai kemampuan berpikir kreatif tingkat 1 (kurang kreatif) dan berpikir kreatif Tingkat 0 (tidak kreatif). Sebagian peserta didik dengan dengan kemampuan matematis rendah mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator kefasihan dan fleksibilitas

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193230 DHENY SETIAWAN
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:58
Last Modified: 28 Aug 2024 04:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48711

Actions (login required)

View Item View Item