NADA ZANDILLA SIFA'UL UMMAHT, 126201203274 (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (472kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Nada Zandilla Sifa’ul Ummaht, NIM. 126201203274, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Ahmad Natsir, M.Pd,I. Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division), Kualitas Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya upaya yang dilakukan beberapa guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya pembelajaran yang monoton, dimana kebanyakan siswa akan cepat merasa bosan apabila dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Upaya tersebut juga dilakukan untuk mencegah siswa ramai atau bermain dengan teman sebangkunya pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga aktivitas tersebut mengakibatkan siswa sulit untuk berkonsentrasi dalam menerima materi pelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan guru adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mendorong antusias, konsentrasi dan keaktifan belajar siswa. Model pembelajaran tersebut adalah model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Model pembelajaran yang berpusat pada siswa ini akan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kondusif dan menyenangkan bagi siswa sehingga siswa tidak akan cepat merasa bosan. Melalui penerapan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) diharapkan kualitas pembelajaran dapat meningkat dan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat tercapai secara optimal. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek?, (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, (3) Bagaimana evaluasi penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MTs Negeri 2 Trenggalek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data atau verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, triangulasi (triangulasi teknik dan triangulasi sumber), dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, meliputi: a. Mempersiapkan perangkat pembelajaran, terutama modul ajar, b. Mempersiapkan sumber dan media pembelajaran, c. Mempersiapkan lembar penilaian atau evaluasi, dan d. Mempersiapkan soal untuk kuis. (2) Pelaksanaan penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, meliputi: a. Tahap penyajian materi, b. Tahap kerja kelompok, c. Tahap tes individu, d. Tahap perhitungan skor perkembangan individu, e. Tahap pemberian penghargaan kelompok. (3) Evaluasi penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, meliputi: a. Penilaian kognitif (pengetahuan), b. Penilaian afektif (sikap), c. Penilaian psikomotorik (keterampilan).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203274 NADA ZANDILLA SIFA'UL UMMAHT |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:23 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48765 |
Actions (login required)
View Item |