PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 2 TRENGGALEK

NADA ZANDILLA SIFA'UL UMMAHT, 126201203274 (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Nada Zandilla Sifa’ul Ummaht, NIM. 126201203274, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Ahmad Natsir, M.Pd,I. Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division), Kualitas Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya upaya yang dilakukan beberapa guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya pembelajaran yang monoton, dimana kebanyakan siswa akan cepat merasa bosan apabila dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Upaya tersebut juga dilakukan untuk mencegah siswa ramai atau bermain dengan teman sebangkunya pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga aktivitas tersebut mengakibatkan siswa sulit untuk berkonsentrasi dalam menerima materi pelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan guru adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mendorong antusias, konsentrasi dan keaktifan belajar siswa. Model pembelajaran tersebut adalah model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Model pembelajaran yang berpusat pada siswa ini akan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kondusif dan menyenangkan bagi siswa sehingga siswa tidak akan cepat merasa bosan. Melalui penerapan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) diharapkan kualitas pembelajaran dapat meningkat dan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat tercapai secara optimal. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek?, (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, (3) Bagaimana evaluasi penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MTs Negeri 2 Trenggalek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data atau verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, triangulasi (triangulasi teknik dan triangulasi sumber), dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, meliputi: a. Mempersiapkan perangkat pembelajaran, terutama modul ajar, b. Mempersiapkan sumber dan media pembelajaran, c. Mempersiapkan lembar penilaian atau evaluasi, dan d. Mempersiapkan soal untuk kuis. (2) Pelaksanaan penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, meliputi: a. Tahap penyajian materi, b. Tahap kerja kelompok, c. Tahap tes individu, d. Tahap perhitungan skor perkembangan individu, e. Tahap pemberian penghargaan kelompok. (3) Evaluasi penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Trenggalek, meliputi: a. Penilaian kognitif (pengetahuan), b. Penilaian afektif (sikap), c. Penilaian psikomotorik (keterampilan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203274 NADA ZANDILLA SIFA'UL UMMAHT
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:23
Last Modified: 18 Jul 2024 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48765

Actions (login required)

View Item View Item