UPAYA GURU MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN MADIN PLUS DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

SOVIA CHOIRUN NISWAH, 126205202116 (2024) UPAYA GURU MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN MADIN PLUS DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Kegiatan Madin Plus di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Sovia Choirun Niswah, NIM. 126205202116, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing skripsi Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I Kata Kunci: Kegiatan Madin Plus, Prestasi Belajar, Upaya Guru Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dan berguna mengetahui sejauh mana kemampuan atau potensi yang dapat mereka capai. Prestasi belajar peserta didik juga berperan penting bagi guru sebagai bahan evaluasi dari pembelajaran yang dilakukan. Saat ini masih ditemukan fenomena perkembangan belajar peserta didik tingkat SD yang belum berjalan optimal secara menyeluruh seperti belum lancar membaca atau tidak mengerjakan tugas sebab tidak ada pendampingan saat belajar di rumah mengakibatkan pencapaian prestasi belajar juga tidak bisa optimal. Untuk itu setiap sekolah sudah sewajarnya mengadakan suatu program yang bisa membantu peserta didik dalam belajar agar pencapaian prestasi belajarnya bisa lebih baik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru menyelaraskan materi pembelajaran madin dan bimbel dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik? (2) Bagaimana upaya guru mengoptimalkan pencapaian prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran agama melalui madin plus? (3) Bagaimana upaya guru mengoptimalkan pencapaian prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran umum melalui madin plus?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan terkait upaya-upaya yang dilakukan guru pada saat kegiatan madin plus dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, baik pada mata pelajaran agama maupun mata pelajaran umum secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kondensasi data yang tidak relevan, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Upaya guru menyelaraskan materi madin dengan bimbel dilakukan secara kolaborasi antara pembelajaran madin dan pembelajaran les malam dengan mengajarkan materi agama sesuai dengan materi pelajaran agama dan umum yang dipelajari pada saat sekolah formal (2) Upaya guru mengoptimalkan pencapaian prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran agama difokuskan pada pembelajaran madin dengan menerapkan sistem pengajaran salaf guna meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab, menekankan kedisiplinan peserta didik, serta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi (3) Upaya guru mengoptimalkan pencapaian prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran umum difokuskan pada pembelajaran les malam dengan memakai ringkasan materi, menegur saat peserta didik membuat kondisi pembelajaran tidak kondusif, serta membentuk kelompok diskusi bagi peserta didik yang mengalami kesulitan guna memaksimalkan waktu belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202116 SOVIA CHOIRUN NISWAH
Date Deposited: 18 Jul 2024 11:53
Last Modified: 18 Jul 2024 11:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48779

Actions (login required)

View Item View Item