PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPS (Studi Penelitian di Mtsn 9 Kediri)

SHANDY SANTRIA, 126209202093 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPS (Studi Penelitian di Mtsn 9 Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penekanan pembelajaran yang bepusat pada siswa pada kurikulum merdeka, namun kebanyakan siswa terutama siswa kelas VII di MTSN 9 Kediri, masih belum bisa teribat untuk aktif dalam pembelajaran dan mengaggap pembelajaran ips susah kerana harus menghafal siswa juga mudah merasa bosan saat pembelajaran berlangsung sehingga hasil belajar ikut menurun hal tersebut diduga disebabkan karena model pembelajaran yang masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki pengaruh signifikan terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran IPS di MTSN 9 Kediri, (2) Menganalisis hubungan antara keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (3) Memberikan rekomendasi kepada guru, pendidik, instansi pendidikan mengenai potensi dan manfaat penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Subyek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu 61 siswa diantaranya Siswa kelas VII E sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket dan soal posttest. Pengujian data dilakukan dengan beberapa pengujian seperti Uji instrument berupa uji validitas dan realibilitas, Uji pra syarat berupa uji normalitas dan homogenitas, Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil yang didapatkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII pada pembelajaran IPS di MTSN 9 Kediri. (2) Model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. (3) Siswa menjadi terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPS di MTSN 9 Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202093 SHANDY SANTRIA
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:28
Last Modified: 24 Jul 2024 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48787

Actions (login required)

View Item View Item