METODE TANYA JAWAB DAN DISKUSI DALAM MENGAJARKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

DINDA QULMITA SAFITRI, 126205201037 (2024) METODE TANYA JAWAB DAN DISKUSI DALAM MENGAJARKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Dinda Qulmita. 2024. “Metode Tanya Jawab dan Diskusi Dalam Mengajarkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahdan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Zainudin, S.Ag., M,Pd. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pentingnya penggunaan metode pembelajaran dalam mengajarkan keterampilan berbicara peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tanya jawab dan diskusi dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas 4 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana menggunakan metode tanya jawab dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran IPS kelas 4 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas 4 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, termasuk dalam penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Waka Kurikulum, Kepala Sekolah, Guru wali kelas kelas 4B dan siswa-siswi kelas 4B MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode tanya jawab dalam mengajarkan keterampilan berbicara peserta didik kelas 4 pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung meliputi : Penyusunan perangkat pembelajaran yang berupa RPP. Guru mempersiapkan list pertanyaan, melakukan penyesuaian dengan peserta didik berdasarkan kemampuan peserta didik yang suka bertanya dan menjawab. Antusias peserta didik dalam tanya jawab lebih mengarah saat peserta didik diberikan pertanyaan daripada bertanya kepada guru, namun keterampilan berbicara ini juga bisa didapat oleh peserta didik melaluki aktivitas dan kegiatan di luar pembelajaran. (2) penggunaan metode diskusi dalam mengajarkan keterampilan berbicara peserta didik kelas 4 pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung meliputi : penggunaan metode diskusi dengan merancang k penggunaan metode tanya jawab dalam mengajarkan keterampilan berbicara peserta didik kelas 4 pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung meliputi kegiatan pembelajran yang menarik dan bervariasi yang mendorong peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran sehingga peserta didik mampu untuk berbicara. Dari kegiatan ini peserta didik mampu untuk berfikir lebih kritis menenai informasi dan penemuan yang didapatnya dan guru bisa memberi bimbingan dan arahan kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Bahasa Dan Sastra > Speaking
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201037 DINDA QULMITA SAFITRI
Date Deposited: 27 Jul 2024 12:11
Last Modified: 27 Jul 2024 12:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48839

Actions (login required)

View Item View Item