DEA DEVINA APRILIA, 126205203213 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN MI Al-HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
||
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Pola Komunikasi Pembelajaran MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Dea Devina Aprilia, NIM 126205203213, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Etty Zakiya Pratiwi Kata Kunci: Strategi Guru, Pola Komunikasi Kurangnya kemampuan guru yang mengelola kegiatan pembelajaran IPA kelas 5, khususnya dalam penggunaan pola komunikasi dalam proses pembelajaran. Menggunakan komunikasi yang baik sangat diperlukan dengan hasil atau tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan proses pembelajaran di mana terjadinya Proses penyampaian pesan tertentu dari sumber belajar salah satunya guru kepada penerima yaitu peserta didik dengan tujuan agar pesan dapat diterima atau dipahami oleh peserta didik. latar belakang permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti strategi guru dalam meningkatkan pola komunikasi pembelajaran IPA kelas 5 di MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pola komunikasi satu arah pembelajaran IPA kelas 5 MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pola komunikasi dua arah pembelajaran IPA kelas 5 MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaiman guru dalam meningkatkan pola komunikasi multi arah pembelajaaran IPA kelas 5 MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strtegi guru dalam meningkatkan pola komunikasi satu arah pembelajaran IPA kelas 5 MI Al�Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan stretegi guru dalam meningkatkan pola komunikasi dua arah pembelajaran IPA kelas 5 MI Al�Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan stretegi guru dalam meningkatkan pola komunikasi multi arah pembelajaran IPA kelas 5 MI Al�Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung.Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui konduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability) dan uji kepatian (Comfirmability). Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru dalam meningkatkan pola komunikasi satu arah pembelajaran IPA kelas 5 MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. Guru sebagai sumber serta pemberi pesan dan siswa sebagai penerima pesan menggunakan metode ceramah yang lebih cepat dan efisien tetapi memiliki kendala dalam tingkat pemahaman siswa (2) Strategi guru dalam meningkatkan komunikasi dua arah pembelajaran IPA kelas 5 MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung.Guru menggunakan metode tanya jawab, memudahkan dalam interaksi dengan murid dan bisa mengetahui tingkat pemahaman tetapi membutuhkan waktu yang cukup banyak. (3) Strategi guru dalam meningkatkan pola komunikas multi arah pembelajaran IPA kelas 5 MI Al�Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. Pola komunikasi multi arah menggunakan diskusi kelompok memungkinkan siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran tetapi membutuhkan waktu yang cukup banyak
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203213 DEA DEVINA APRILIA |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 03:08 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 03:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48860 |
Actions (login required)
View Item |