STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS AYAT AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI KALIGRAFI DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RINA SRIWAHYUNI, 126205203244 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS AYAT AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI KALIGRAFI DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (880kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (663kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Ayat Al-Qur’an pada Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Kaligrafi di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rina Sriwahyuni NIM 126205203244, Pembimbing Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Kreativitas, Ekstrakurikuler Kaligrafi Setiap anak terlahir dengan potensi yang berbeda-beda. Dengan potensi yang dimilikinya, maka mereka akan berkembang sesuai dengan bakat yang dimilikinya.Salah satu bakat yang bisa dimiliki oleh peserta didik yaitu kreativitasnya dalam menulis ayat Al-Qur’an. Pada lembaga pendidikan, kegiatan yang menjadi wadah penyaluran bakat bagi peserta didik dikemas dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya yaitu ekstrakurikuler kaligrafi. Pengembangan bakat melalui kaligrafi dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan dan ruang bagi para peserta didik untuk mengembangkan kreativitas dan bakat seni tulis mereka melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pembelajaran yang terstruktur. Maka dari itu melalui kegiatan belajar kaligrafi dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan dapat memperoleh manfaat dan keuntungan yang maksimal dalam mengembangkan bakat mereka. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan kreativitas menulis ayat Al-Qur’an pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni kaligrafi di MI Nurul Islam Mirigambar? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan kreativitas menulis ayat Al�Qur’an pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni kaligrafi di MI Nurul Islam Mirigambar? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan kreativitas menulis ayat Al-Qur’an pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni kaligrafi di MI Nurul Islam Mirigambar? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penelitian ini yaitu keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kreativitas menulis ayat Al-Qur’an pada peserta didik yaitu mencari guru khusus untuk program kaligrafi, menentukan metode, dan mempersiapkan peralatan kaligrafi, (2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kreativitas menulis ayat Al�Qur’an pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi ini menggunakan metode demonstrasi dan metode ceramah, (3) Evaluasi guru dalam meningkatkan kreativitas menulis ayat Al-Qur’an pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi yaitu dengan dengan penilaian yang diberikan dari guru. Guru menilai dari hasil dan proses peserta didik dalam membuat kaligrafi. Kemudian nilai tersebut dimasukkan ke dalam raport peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203244 RINA SRIWAHYUNI
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:15
Last Modified: 26 Jul 2024 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48876

Actions (login required)

View Item View Item