PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA ANAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 11 BLITAR

NABILA NURIL FADHILAH, 126205201025 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA ANAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul: “Pengembangan Media Komik Cerita Anak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Narasi Siswa Kelas IV MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Nabila Nuril Fadhilah, NIM.126205201025, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci:Media Komik, Cerita Anak, Bahasa Indonesia, Keterampilan Menulis Pendidikan dibutuhkan dalam kehidupan manusia karena dapat mengembangkan potensi diri serta kepribadiannya melalui proses pembelajaran yang dijalani. Mata pelajaran penting yang diajarkan di sekolah salah satunya yaitu Bahasa Indonesia. Bebarapa permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis narasi yaitu siswa kurang minat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa, pembelajaran hanya menggunaan buku yang lebih banyak bacaanya dan tidak menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk komik cerita anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Hasil pengembangan ini berupa media komik cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis narasi. Sampel uji coba penelitian ini merupakan siswa kelas IV MIN 11 Blitar. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu nilai angket validasi data, angket respon siswa dan hasil pretest-postestserta data kualitatif yaitu observasi,wawancara. Hasil penelitian: 1) Media komik cerita anak dikembangkan dengan metode ADDIE menggunakan apliaksi canva. Komponen yang terdapat dalam media komik meliputi sampul, halaman capaian pembelajaran, halaman tujuan pembelajaran, halaman halaman pengenalan tokoh, halaman jalan cerita, halaman ringkasan materi, halaman latihan dan halaman profil penulis; 2) Media komik cerita anak dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan uji keefektifan menggunakan hasil pre test dan post test didapatkan rata-rata nilai pre test sebesar 60 dan rata-rata nilai post test sebesar 85 dengan nilai selisih sebesar 25. Berdasarkan uji Paired T-Test diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,005 atau hasil yang diperoleh 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa media komik cerita anak efektif sebagai media pembelajaran untuk materi menulis narasi; 3) Media komik cerita anak mendapat respon yang positif berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan adalah 45,67 dengan presentase sebesar 91%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201025 NABILA NURIL FADHILAH
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:15
Last Modified: 29 Jul 2024 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48891

Actions (login required)

View Item View Item