IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAJWID DAN TAHSIN AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DASAR DI TPQ BAITUL MUTTAQIN DESA GANDUSARI KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK

DWI ROHMAWATI, 126201202111 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAJWID DAN TAHSIN AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DASAR DI TPQ BAITUL MUTTAQIN DESA GANDUSARI KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Tahsin Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dasar Di TPQ Baitul Muttaqin Desa Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Dwi Rohmawati, NIM 126201202111, pembimbing Ibu Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd., NIP 199201262019032019. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Tajwid dan Tahsin, Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an terlebih lagi persoalan pembelajaran ilmu tajwid dan tahsin Al-Qur’an. Penerapan pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an ini peserta didik diharapkan bisa memahami dan mempraktikkan sendiri saat membaca Al-Qur’an, sehingga peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih dan benar. Melihat hal tersebut, maka peneliti merasa ini penting untuk dilakukan penelitian tentang implementasi pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an di TPQ Baitul Muttaqin Desa Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran tajwid dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Muttaqin Desa Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, (2) Bagaimana implementasi pembelajaran tahsin Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an di TPQ Baitul Muttaqin Desa Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung pada pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada anak usia dasar di TPQ Baitul Muttaqin Desa Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan model triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada proses implementasi pembelajaran tajwid guru melakukan pengulangan materi sampai peserta didik bisa memahami dan dapat mempraktikkan sendiri, disini guru juga memberi permainan-permainan yang berhubungan dengan pembelajaran tajwid. (2) Pada implementasi pembelajaran tahsin guru dan orang tua memiliki peran penting dalam memberi motivasi dan dukungan lebih agar peserta didik memiliki semangat untuk terus belajar, terdapat tiga metode yang diterapkan dalam pembelajaran, yaitu metode iqro’, tartil, dan muroja’ah. (3) Selanjutnya faktor pendukung dan penghambat serta solusi dari penelitian ini yakni ketika peserta didik sulit dalam menerima materi tajwid dan tahsin. Sehingga guru harus lebih ekstra dalam membina dan memberi arahan kepada peserta didik mengenai materi yang disampaikan, guru juga terus memberi motivasi mengenai keutamaan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202111 DWI ROHMAWATI
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:41
Last Modified: 09 Aug 2024 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48908

Actions (login required)

View Item View Item